Prabowo-Gibran Tempatkan Hukum, HAM hingga Pemberantasan Korupsi Visi Misi Paling Atas

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 12 Desember 2023 19:56 WIB
Prabowo dan Gibran (tengah) jelang debat pilpres 2024 (Foto: MI/Dhanis)
Prabowo dan Gibran (tengah) jelang debat pilpres 2024 (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI  - Pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menempatkan hukum, HAM, perbaikan pelayanan pemerintahan, pemberantasan korupsi, perlindungan terhadap semua kelompok di masyarakat sebagai sesuatu yang sangat penting dalam visi misinya.

"Karena itu dalam visi misi kita hal-hal ini ditaruh paling atas," kata Prabowo saat menyampaikan visi misi jelang debat pilpres 2024 di KPU, Jakarta, Selasa (12/12) malam.

Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku sadar bahwa sejak muda mengangkat sumpah untuk membela Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

"Di dalam undang-undang dasar 45 di situ ada pendiri-pendiri bangsa kita, mendirikan sebuah republik ini. Itu harus didasarkan atas hukum dan kedaulatan rakyat, itulah perjuangan saya selama ini," bebernya.

Dengan tegas, mantan jenderal Kopasus ini juga mengaku siap mempertaruhkan nyawanya untuk membela demokrasi hukum dan HAM.

"Kita paham masih banyak kekurangan, tetapi kita harus bersyukur di tengah dunia ini yang penuh tantangan ketidakpastian di mana terjadi perang di mana-mana. Di mana negara-negara begitu banyak yang terjadi perang saudara kerusuhan Indonesia masih ada aman Indonesia masih dan damai," tegasnya.

Selain itu, menurutnya Indonesia masih terkendali harga-harga masih terkendali. "Ekonomi untuk rakyat kita masih aman karena apa? karena kepemimpinan. Karena apa? karena manajemen negara yang berhasil. Apakah di tengah jutaan rakyat masa tidak ada kekurangan? pasti ada kekurangan," ungkapnya.

Prabowo pun mengajak semua pihak agar dewasa dan tidak boleh munafik, harus memberi contoh dalam memimpin bangsa ini. "Prabowo-Gibran, kita akan perbaiki harus yang harus diperbaiki, kita akan tegakkan apa yang perlu ditegakkan dan kita bertekad memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya," demikian Prabowo.

Sebagai informasi, bahwa debat kandidat peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang pertama digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (12/12), dimulai pukul 19.00 WIB saat ini masih berlangsung.

Debat ini dihadiri tiga pasangan calon, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hari ini adalah debat calon presiden, akan tetapi, para calon wakil presiden juga hadir mendampingi.

Tema debat pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Perinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen, sementara 30 menit sisanya untuk pariwara.

Segmen pertama adalah momen peserta Pilpres 2024 memaparkan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres. Berikut perincian rundown debat capres perdana di KPU malam ini.

Segmen 1

Debat akan dimulai dengan pembacaan tata tertib oleh moderator. Kedua moderator adalah news anchor TVRI, Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Setelah itu, masing-masing capres diberi kesempatan memaparkan visi-misi dan program selama 4 menit.

Segmen 2 dan 3
Pada kedua segmen ini akan ditanyakan pendalaman visi dan misi oleh moderator. Total ada 18 pertanyaan yang dibuat oleh 11 panelis.

Selain moderator, dalam kedua segmen ini juga antar capres bisa saling berinteraksi atau saling sanggah.

"Di sana akan ada pertanyaan dan interaksi di antara pasangan calon dengan pasangan calon yang lain," kata Komisioner KPU August Mellaz.

Segmen 4 dan 5
Mellaz menjelaskan pada segmen 4 dan 5 akan diisi oleh tanya jawab. Dalam kedua segmen ini juga antar calon bisa saling berinteraksi.

"Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan. Di sana akan ada proses interaksi, tanggapan, lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspons oleh pasangan calon yang lain," katanya.

Segmen 6
Segmen keenam khusus untuk penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing capres. (Wan)