Debat Cawapres Digelar di JCC Senayan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Desember 2023 07:15 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari [Foto: Doc. MI]
Ketua KPU Hasyim Asy’ari [Foto: Doc. MI]
Jakarta, MI - Debat calon wakil presiden (cawapres) akan berlangsung Jumat (22/12), pekan ini. Lokasinya debat di Jakarta Convention Center.

Adapun, tema debat cawapres nanti meliputi isu ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Nantinya, debat cawapres bakal menghadirkan 11 panelis yang berasal dari kampus dan ahli, yang akan mempersiapkan pertanyaan kepada para cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, format debat cawapres serupa dengan debat capres sebelumnya. 

Selain menjawab pertanyaan panelis, cawapres nanti akan diberi kesempatan untuk saling tanya-jawab. Total durasi debat nanti yaitu 150 menit. 

Adapun hal baru pada debat cawapres kali ini, yaitu penggunaan podium. 

"Ini kesepakatan masing-masing tim pasangan calon untuk pakai podium," kata Hasyim di kantor KPU, Senin (18/12).

Debat cawapres ini akan diikuti oleh Muhaimin Iskandar dari pasangan calon nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2 dan Mahfud MD dari nomor urut 3.

Sebelumnya, pada (12/12) debat capres, masing-masing calon hanya berdiri tanpa podium.

"Semuanya akan sama, mulai dari format, waktu dan kesempatan. Nanti akan seperti itu terus hingga debat terkahir," tandasnya.

Sebagai informasi, KPU akan menyelenggarakan debat capres-cawapres sebanyak lima kali. Debat pertama berlangsung pada Selasa (12/12) lalu.

Debat kedua (cawapresnya) Jumat (22/12), debat ketiga dijadwalkan pada Minggu (7/1), debat keempat pada Minggu (14/1), dan debat terakhir pada Minggu (4/2).