Cak Imin Bakal Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud Terkaget-kaget!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 22 Desember 2023 21:09 WIB
Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres 2024, Jum'at (22/12) (Foto: MI/Dhanis)
Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres 2024, Jum'at (22/12) (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, mengaku heran dengan program pembangunan 40 kota yang dilontarkan oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

Menurut Mahfud, apa yang disampaikan oleh Cak Imin sangat tidak masuk akal. Sebab, akan ada berapa kota dalam 1 tahun kepemimpinan yang bakal dibangun oleh pasangan calon nomor urut 1.

"Saya agak kaget juga mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Ya, apa itu bisa dilaksanakan 5 tahun  bapak menjadi Presiden dan Wakil Presiden, berapa kota dalam 5 tahun," kata Mahfud dalam debat cawapres tahap kedua di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12).

Mahfud juga mencontohkan soal pembangunan IKN yang tengah direncanakan dari puluhan tahun yang lalu, tetapi baru bisa direalisasikan di zaman pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

"Ini IKN aja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itupun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan, nah gitukan" ujarnya. 

Mahfud mengatakan, gagasan Cak Imin sangat diluar nalar manusia. Sebab bagaimana mungkin bisa membangun 40 kota selevel Jakarta dalam waktu 5 tahun. 
 
"Lalu saudara 40 (kota), luar biasa menurut saya 40 kota selevel Jakarta yang sudah metropolitan seperti itu," ucap Mahfud. 

"Lalu juga pembiayaannya menurut pak Muhaimim kalau nanti kita untuk 40 kota itu pembiayaannya itu APBN atau APBD? Ataukah lembaga khusus seperti tadi ditanyakan oleh panelis melalui moderator? Ini perlu dijawab dulu agar semunya tidak spekulatif," terang Mahfud. 

Sebelumnya, pada segmen 3 debat cawapres soal perkotaan, Cak Imin mengatakan bakal membangun 40 kota selevel Jakarta jika pasangan capres-cawapres nomor urut 1 terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. 

"Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta," kata Cak Imin. (DI)