Pakar Ekspresi: Cak Imin Sering Kencangkan Bibir Saat Debat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 Desember 2023 10:42 WIB
Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: MI/An)
Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: MI/An)
Jakarta, MI - Pakar mikro ekspresi Kirdi Putra mendapati calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sering kali mengencangkan bibir pada debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, yang diselenggarakan Jumat (22/12) malam.

“Sering sekali ketika berbicara, beliau itu kehabisan waktu, dan kalau kita perhatikan, di akhir itu setiap kali pembicaraan beliau dihentikan moderator, bibirnya mengencang. Ini menunjukkan antara geregetan dan kesal,” kata Kirdi, dikutip Sabtu (23/12).

Kirdi menilai, tidak banyak ekspresi yang ditampakkan Cak Imin selama debat sesi para cawapres malam itu, juga tidak ada kejanggalan emosi yang terlihat saat dia menyampaikan pembicaraan.

Pun ketika memberikan penjelasan, Cak Imin, kata Kirdi, tidak ada masalah dan tidak ada ekspresi tertentu.

Sebelumnya, KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12) malam di akarta Convention Center (JCC), Jakarta, yang melibatkan tiga cawapres, menyusul debat pertama yang mempertemukan tiga calon presiden pada Selasa (12/12) pekan lalu.

Ketiga cawapres mengikuti debat dengan tema meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.