Polisi Berkuda Dikerahkan untuk Pengamanan Debat Capres Malam Ini

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 Januari 2024 16:15 WIB
Empat Polisi Berkuda dan personel Polri melakukan apel pengamanan debat capres ketiga (Foto: MI/Dhanis)
Empat Polisi Berkuda dan personel Polri melakukan apel pengamanan debat capres ketiga (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Debat capres ketiga kembali digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang akan dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1) pada pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Monitorindonesia.com sampai dengan sore ini di lokasi debat, ribuan petugas kepolisian terlihat sibuk menyiapkan pengamanan. 

Pasukan polisi berkuda hingga anjing penjaga pun juga dikerahkan untuk membantu mengamankan pelaksanaan debat capres ketiga. 

"Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu (7/1).

Trunoyudo mengatakan, jumlah tersebut bertambah. Sebelumnya hanya 2.366 personel yang dikerahkan.

Ia merincikan 3.041 personel gabungan itu terdiri atas 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel).

Lalu, ada 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel), serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan Debat Capres Cawapres ke 3 melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas dan Bantuan Operasi," tandasnya.

Sebagai informasi, debat kali ini bertema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.