Hadiri Debat Capres Kedua, Komisi I DPR Tegaskan Hal Ini

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Januari 2024 18:56 WIB
Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon (Foto: Ist)
Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Debat calon presiden (capres) kedua akan digelar hari Minggu (7/1) malam. Debat tersebut akan mengambil tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.  Debat ini akan mempertemukan tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Anies Baswedan

Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon mengungkapkan bahwa pihaknya ingin melihat sejauh mana ketiga calon presiden memahami dan bisa menjawab tantangan dari ancaman potensial, maupun ancaman nyata terhadap Indonesia. Baik yang dari luar, dari regional, maupun dari dalam. 

"Jadi ini sangat strategis, maka kita hadir di sini. Jadi, kita ingin mendengar langsung dari pak Prabowo, mas Ganjar, dan mas Anies. Bukan karena menghafal. Tapi kita bisa melihat nanti sejauh mana dukungan real, dukungan fiskal juga," kata Effendi Simbolon.

Karena, menurutnya, sejak orde lama hampir tidak pernah membangun kekuatan pertahanan. Karena tidak pernah didudukkan, padahal ancaman nyata itu setiap saat.

"Mungkin melalui proxy, melalui ekonomi, dimana negara kita dalam tanda petik ya sudah terkondisi dengan pengaruh dari ekonomi global. Nah kita ingin dengar secara objektif," tegasnya.

Hal itu ia tegaskan, karena Effendi mengerti dan bisa melihat membandingkan, bahwa 25 tahun sejak reformasi keseriusan pemimpin bangsa masih dipertanyakan. "Nanti kita mementingkan kesejahteraan, kita lebih mementingkan ke masalah sosial, masalah-masalah yang selalu bandingannya tidak pernah equal," tukasnya.