Anies Puji Mahfud, Sebut Cawapres 03 Berhasil Menjaga Kehormatan Debat Cawapres

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 Januari 2024 10:26 WIB
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: MI/Dhanis)
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, memberikan apresiasi kepada cawapres nomor urut 3 yang dinilainya telah berhasil menjaga marwah debat pilpres keempat atau debat cawapres kedua agar levelnya tetap tinggi.

"Jadi Pak Mahfud menjaga derajat perdebatan jadi proses yang terhormat. Lalu dilihat sebagai bersama. Ini sama-sama jaga kehormatan," kata Anies usai debat cawapres kedua di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Kata Anies perbedaan pendapat ataupun pandangan adalah hal yang lumrah dalam debat, akan tetapi debat harus disampaikan dengan cara yang baik dan tetap menghormati lawan debatnya.

"Itu yang harus dilihat rakyat Indonesia. Dalam perdebatan tentu ada perbedaan pandangan. Tapi disampaikan dengan senyum, rasa hormat, menghargai," ujar Anies.

"Walaupun isinya bisa jadi bukan sesuatu yang nyaman didengar, tapi etik dalam prosesnya dijaga. Itu Gus Imin dan Pak Mahfud nampak keliatan sama. Sama-sama bawa etik yang tinggi," tambahnya.

Selain itu, Anies juga membantah adanya kerjasama dengan cawapres 03 untuk tidak saling menyerang dengan cawapres 01, yang artinya hanya cawapres 02 yang sejatinya menjadi lawan debat.

"Ini bukan soal kesepakatan, ini soal kompak sama-sama menjaga debat. Bahwa debat itu adalah proses berpikir bersama. Lawan debat itu teman berpikir, seperti dikatakan Gus Imin," jelas Anies. (DI)