Netizen Serang Mahfud Buntut Sebut Dosa Ibu Lahirkan Anak Tak Berakhlak

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 Januari 2024 08:51 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md, dalam acara "Tabrak Prof! di Lampung" [Foto: Tiktok/@mohmahfudmdofficial]
Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md, dalam acara "Tabrak Prof! di Lampung" [Foto: Tiktok/@mohmahfudmdofficial]
Jakarta, MI - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD dikritik warganet lantaran pernyataannya, yang menyebut dosa besar bagi seorang ibu melahirkan anaknya yang tak berakhlak. 

Hal tersebut disampaikan Mahfud, dalam acara "Tabrak Prof! di Lampung" menyoroti akhlak dan etika anak muda, dalam membangun bangsa. Dia menyebut seseorang yang tidak memiliki akhlak dan etika cenderung memiliki sikap yang koruptif.

"Siapa pun orang yang tidak punya etika, akhlak, moral pasti di belakangnya ada tindakan-tindakan korupsi yang dilakukan dalam berbagai bentuk," kata Mahfud dikutip dari video akun TikTok @mohmahfudmdofficial, Senin (29/1).

Ia juga mengatakan, seorang ibu yang melahirkan anak yang tidak berakhlak dan beretika, menanggung dosa besar terhadap bangsa Indonesia.

"Membiarkan mak-mak dan ibu-ibu untuk melahirkan anak-anak yang tidak berakhlak itu adalah satu dosa besar kepada bangsa ini," ujarnya.

"Bangsa ini akan hancur manakala generasi mendatang itu tidak punya etika dan tidak punya akhlak," tandasnya.

Video mahfud itupun, dibanjiri dari beragam kritikan pedas netizen. Ada beberapa netizen juga menyoroti pernyataan Mahfud, yang berbicara tentang akhlak sementara dianggap tidak memiliki akhlak sendiri.

"Bagaimana ceritanya membiarkan ibu-ibu melahirkan anak-anak yang tidak berakhlak. Dikira ngelahirin bisa di-setting ," tulis akun @Maselsaputra.

"Terus ibunya pak Mahfud gimana ngeliat anaknya kaya gini," timpal @Fytriahmaharany.

"Saya sangat tidak nyangka ternyata Prof Mahfud MD bisa bicara seperti itu," tambah akun @novayanti7158.

"Ngomong soal akhlak tetapi diri sendiri tidak ada akhlak. Namun, orang ini lagi ngomongin dirinya sendiri, jadi tidak aneh. Seprang Prof punya pola pikir seperti ini" tulis akun @This is patrick.

"Luar biasa mas Gibran bisa bikin seorang Prof Md Korslet," timpal @yosie.

"Gibran mampu membuka sifat asli seorang Prof," timpal @Queenaya.