Anies: Tak Ada Skenario Dalam Menghadapi Debat Pilpres

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 2 Februari 2024 21:35 WIB
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi debat pilpres kelima atau debat capres ketiga yang diselenggarakan oleh KPU RI di JCC Senayan, Jakarta pada, Minggu (4/2) malam.

Menurut Anies, dari dua debat capres yang pernah dilaluinya. Ia mengaku, tak pernah melakukan persiapan khusus atas tema yang diangkat dalam debat.

"Nggak ada yang khusus, karena apa ya, kan debat itu pertanyaannya itu tidak tahu. Hal, aspek apa kami juga tidak tau," kata Anies usai menghadiri acara Sarasehan yang digelar oleh DPD RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/2).

Kata Anies, ketika mendapatkan pertanyaan dari panelis dirinya selalu mengalir ketika menjawab, sebagaimana pengetahuan dan pengalaman yang ia dapat atas persoalan yang ditanyakan.

"Jadi tidak ada satu skenario yang bisa disiapkan, ya nanti mengalir sambil kita mendengar pertanyaan, sambil pada waktu itu memformulasikan gagasan," ujarnya.

"Tapi kan begini kira-kira, ketika masuk ke ruang debat itu ada pengalaman, ada gagasan, ada yang pernah dibicarakan, itu kan stok yang ada di masing-masing kita," tambahnya.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan dirinya tak pernah menghafal terhadap persoalan-persoalan yang menjadi topik debat. Karena menurutnya, hal itu tak mungkin dihafalkan sebab debat bukan ajang untuk unjuk hafalan 

"Jadi setiap kali muncul pertanyaan, muncul aspek, ya diambil dari apa yang sudah kita miliki. karena itu nggak bisa dihafalkan karena memang bukan hafalan," jelasnya

Adapun, debat Pilpres kelima akan mengangkat tema tentang, Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi. (DI)