Sebanyak 74.181 TPS Tak Sinkron dengan Sirekap, KPU Klaim Sudah Melakukan Perbaikan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Februari 2024 20:22 WIB
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat melakukan konferensi pers beberapa waktu lalu (Foto: MI/Dhanis)
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat melakukan konferensi pers beberapa waktu lalu (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Komisi Pemihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan bahwa pihaknya sudah memperbaiki data Pemilu presiden (Pilpres) 2024 di 74.181 tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak sinkron di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

"Data tidak sinkron antara foto formulir c hasil yang diunggah ke Sirekap dengan hasil konversi yang ditayangkan itu," kata Hasyim dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, (23/2). 

Kata Hasyim, perbaikan itu mulai dilakukan sejak 15 Februari 2024 hingga saat ini. "Sejak 15 Februari untuk Pilpres sudah dilakukan perbaikan sebanyak 74.181 TPS," ujarnya.

Selain itu, KPU juga telah memperbaiki data tak sinkron berkaitan dengan Pemilu legislatif (Pileg). Perbaikan pada Pileg di tingkat DPR sebanyak 14.651 TPS dan 10.512 TPS pada tingkat DPD.

"Untuk Pemilu DPR yang itu sebanyak 14.651 TPS dan untuk Pemilu DPD 10.512 TPS (yang telah diperbaiki)," kata Hasyim. 

Sedangkan perbaikan atau sinkronisasi data pada Pileg tingkat DPRD, kata Hasyim, proses itu dilakukan langsung oleh KPU Daerah di masing-masing wilayahnya.

"Sedangkan untuk data anomali hasil konversi unggah foto pada Pemilu DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, proses koreksinya dilakukan di KPUD masing-masing," paparnya.