Golkar Belum Putuskan Nama untuk Calon DKI 1

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 Februari 2024 15:18 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengatakan partainya tengah mempersiapkan dua kader terbaiknya untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta yang diantaranya adalah Ridwan Kamil (RK) dan Ahmed Zaki Iskandar.

"Dua-duanya sudah diberi surat Golkar, penugasan untuk pilkada (DKI Jakarta)," kata Airlangga yang juga Menteri Koordinator bidang Perekonomian dijumpai di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2).

Kata Airlangga, terkait siapa yang akan dipilih Golkar, bergantung pada hasil survei terakhir terkait kedua nama itu.

"Nanti mengerucut dan akan dipilih dalam forum khusus (Golkar) sesuai jadwal pilkada," kata dia.

Seperti diketahui, belakang ini nama Ridwan Kamil tengah menjadi perbincangan publik karena adanya baliho bertuliskan dirinya dengan tulisan "OTW Jakarta nihhh". Sehingga banyak pihak menduga baliho itu sebagai sinyal mantan gubernur Jawa Barat hendak maju Pilgub DKI Jakarta.

Sebelumya, Ridwan Kamil pernah mengaku bahwa dirinya telah memiliki 2 tiket untuk melaju DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sehingga ada dua opsi untuk dirinya bisa memilih pada kontestasi Pilkada 2024 nantinya.

"Saya itu mendapatkan dua surat penugasan (dari DPP Golkar) satu di Jabar, dua di DKI, jadi suratnya dua," ujar Emil kepada wartawan di Bandung, Kamis (23/11/23) lalu.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan jadwal sekaligus tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Merujuk pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024, pemungutan suara akan digelar pada 27 November 2024. Adapun kampanye akan digelar pada 25 September-23 November 2024.