Ini Daftar Caketum Golkar 2024-2029, Ada Bamsoet hingga Bahlil

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 8 Maret 2024 20:00 WIB
Bendera Partai Golongan Karya (Golkar) (Foto: MI/Net/Ist)
Bendera Partai Golongan Karya (Golkar) (Foto: MI/Net/Ist)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan nama-nama yang akan memperebutkan kursi ketua umum (caketum) partai tersebut.

Setidaknya ada empat nama yang disebutkan termasuk dirinya. Yakni, Ketua Umum, Airlangga Hartarto; Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia. 

"Ya ada setidak-tidaknya sudah 4 santer suara yang muncul di permukaan, yang akan bertarung di forum Munas tahun ini, ada Pak Airlangga sendiri, ada Pak Agus Gumiwang, ada Pak Bahlil, ada saya," ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI itu di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Namun demikian, Bamsoet belum bisa memastikan kapan waktu penyelenggaraan Munas Partai Golkar. Pasalnya, pihaknya sedang memastikan untuk mendapatkan hasil Pemilu 2024 sesuai dengan harapan baik pileg dan pilpres. 

Ketua MPR RI itu juga berharap situasi politik hingga pelantikan pasangan capres-cawapres terpilih, berlangsung kondusif. "Semoga hasil pemilu ini sesuai dengan harapan kita semua, Presiden dilantik dengan baik, suasana politik kondusif, nah baru kita bicara tentang munas," kata Bamsoet.

Bamsoet pun meminta doa restu agar bisa bertarung di Munas yang akan digelar pada Desember 2024. "Ya, kita banyak berdoa," tandasnya.

Sebagai informasi bahwa, Airlangga Hartarto mulai menduduki tampuk kepemimpinan Golkar pada 2017. Dia juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak Oktober 2019.

Airlangga sudah bergabung dengan pemerintahan Jokowi pada Kabinet Kerja (reshuffle jilid ke-2) sebagai Menteri Perindustrian. Dia juga sudah pernah menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar. 

Agus Gumiwang Kartasasmit juga merupakan Wakil Ketua Umum Bidang Perekonomian Golkar. Sebelumnya dia menjabat Menteri Sosial sejak Agustus 2018 hingga purnatugas. 

Dia menggantikan Idrus Marham yang tersangkut kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Agus pernah menjadi Anggota DPR periode 2014-2019, 2009-2014, 1999-2004 dan anggota MPR 1998-1999. 

Bahlil Lahadalia merupakan kader Golkar yang ditunjuk Jokowi sebagai Kepala BKPM (sebelum menjadi kementerian) pada 2019.  

Bahlil merupakan pengusaha. Sejak 2003, dia sudah menjalani profesinya sebagai usaha di bawah payung Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).  

Bahlil juga disebut memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawa bendera PT Rifa Capital sebagai perusahaan induk. 

Bambang Soesatyo kini menduduki jabatan Ketua MPR 2019-2024. Bamsoet pernah menjabat Ketua DPR, menggantikan Setya Novanto yang dulu tersangkut kasus e-KTP.  

Bamsoet juga kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Madya Partai Golkar. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum golkar pada 2009-2015. Bamsoet terkenal sebagai pengusaha dan mantan wartawan. (wan)