Gerindra Dorong Menantu Jokowi Maju Bupati Sleman

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Maret 2024 20:12 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Istri Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Erina Gudono, diisukan bakal menjadi calon Bupati Sleman melalui partai Gerindra. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, mengaku belum memeriksa terkait nama Erina apakah sudah secara resmi diusulkan oleh DPD atau tidak. Menurutnya, ada mekanisme yang mengatur terkait pencalonan Bupati di Gerindra.

"Secara resmi saya belum check apakah usulan sudah resmi diajukan. Mekanisme di Gerindra calon bupati bisa diajukan ke DPP melalui DPD tingkat Provinsi," kata Habiburokhman kepada wartawan, dikutip Selasa (12/3/2024). 

Habiburokhman mengatakan, setelah adanya usulan dari DPD, maka akan dibahas di DPP. Sementara keputusan untuk mengusung calon kepala daerah ada di tangan Prabowo sebagai Ketua Umum Gerindra.

"Nanti di kevel DPP akan dibahas, dan keputusan terakhir ada di tangan Pak Prabowo selaku Ketum sekaligus Ketua Dewan Pembina," ujarnya.

Kendati begitu, Habiburokhman mendorong untuk pencalonan menantu Presiden Joko Widodo itu untuk maju sebagai Bupati dari partai Gerindra, karena menurutnya hal itu sejalan dengan kebijakan politik Gerindra yang mendorong kaum perempuan untuk dapat mengisi jabatan publik. 

"Kebetulan beliau juga perempuan, jadi nyambung dengan kebijakan politik Gerindra yang mendorong kaum perempuan untuk bisa mengisi jabatan-jabatan publik," kata Habiburokhman. 

Tak kalah penting, kata dia, keluarga Erina ikut bekerja keras memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Yang juga penting kader menganggap keluarga beliau juga all out menangkan Pak Prabowo pada Pilpres kemarin," imbuhnya.