Jokowi: Saya Ketua Indonesia Saja

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 21 Maret 2024 15:36 WIB
Joko Widodo alias Jokowi (Foto: Dok MI)
Joko Widodo alias Jokowi (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa hingga saat ini dirinya sebagai ketua Indonesia. Hal itu dia ungkapkan merespons isu yang menyebut dirinya akan menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar. 

"Saya sementara ini ketua Indonesia saja," kata Jokowi, Kamis (21/3/2024).

Sebelumnya, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Jokowi dan partai yang identik dengan warna kuning itu memang sudah rapat, saat ditanya soal isu Jokowi bakal merapat ke Golkar. "Pak Jokowi dan Partai Golkar memang sudah rapat," kata Airlangga, Kamis (21/30/2024).

Menurut Menko Perekonomian itu, kedekatan itu tampak pada iklan-iklan Partai Golkar bersama Jokowi. Itu menunjukkan kedekatan sekaligus kenyamanan Jokowi dengan Golkar.

Sementara itu, Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengaku partainya cukup dekat dengan Jokowi. Bahkan dia menyebut hubungan baik dengan Jokowi itu terjalin karena Golkar merupakan partai yang konsisten sebagai pengusung dan pendukung Jokowi.

Doli mengatakan Partai Golkar merupakan partai yang terbuka dan berusaha untuk menyatukan semua elemen bangsa. Partai Golkar sangat senang jika Presiden Jokowi memang ingin bergabung. Pasalnya, belum ada konfirmasi mengenai status Jokowi dengan PDI Perjuangan.