Politik Sepekan, Karpet Merah Prabowo hingga Bahlil Ejek PPP Gagal OTW Senayan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 24 Maret 2024 06:06 WIB
Prabowo Subianto (kanan) dan Surya Paloh (kiri) (Foto: MI/Aswan)
Prabowo Subianto (kanan) dan Surya Paloh (kiri) (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Beragam berita politik telah diwartakan Monitorindonesia.com, berikut rangkum berita pilihan dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda, Minggu (24/3/2024).

NasDem Sambut Prabowo dengan Karpet Merah

Prabowo Subianto menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024). Dia disambut oleh Surya Paloh, yang telah menunggunya di halaman gedung tersebut. Paloh lalu mengajak Prabowo, untuk masuk ke dalam gedung tersebut yang telah disiapkan, untuk penyambutan presiden terpilih tersebut.
 
Prabowo dan Surya pun berjalan di karpet merah, yang telah disediakan oleh tuan rumah. Mereka saling menyambut dan berjalan menuju ke lift, yang ada di dalam area gedung tanpa banyak berkomentar kepada awak media.

Selengkapnya klik di sini

Kang Emil Maju Cagub Jabar lagi

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan akan memutuskan apakah berlaga di Pilkada Jawa Barat (Jabar) atau DKI Jakarta pada Juni mendatang.

"Nanti bulan Juni saya putuskan. Sama, hati tetap berat ke Jabar, tapi saya tidak menutup kemungkinan Jakarta, keputusan akhirnya mungkin di bulan Juni sesuai survei," kata Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu (23/3/2024) malam.

Saat ini, kata Emil sapaan akrabnya, dirinya tengah mempersiapkan diri untuk meningkatkan elektabilitasnya sampai bulan Juni, sehingga ketika dipasangkan dengan siapapun, maka lebih muda terjadi kesepahaman.

Selengkapnya klik di sini

TPN Gugat Hasil Pilpres ke MK

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK), pada Sabtu (23/3/2024) sore. 

Dalam pendaftaran PHPU ini, TPN membawa sejumlah boks yang berisi dokumen-dokumen gugatan. Pengajuan itu tertuang dalam Nomor 02-03/AP3-Pres/PAN.MK/03/2024.

Pada gugatan itu dilakukan oleh Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid dan Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis. Sedangkan, Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto sudah beradab terlebih dahulu di MK. 

Selengkapnya klik di sini

Hak Angket DPR Tak Akan Jalan!

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, mengklaim mayoritas anggota DPR RI sekitar 70 persen sudah berpaling dari wacana hak angket guna menyelidiki kecurangan Pemilu 2024. 

Kata dia, untuk di tingkat anggota ia berani menjamin sebagian besar legislator sudah tak tertarik dengan hak angket. Namun, ia tak tahu jika pada tingkatan pimpinan partai politik. 

"Jadi, sudah pada move on, tetapi enggak tahu nanti di pimpinan partai masing-masing. Kalau Anda cek, coba deh, misalnya, random ngobrol dengan teman-teman anggota DPR, sebagian besar, mungkin ada 70 persen sudah move on," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/3/2024). 

Selengkapnya klik di sini

Jokowi Diisukan Jadi Ketum Golkar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons kabar dirinya yang belakangan ini, selalu dikaitkan untuk bakal menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Jokowi pun berkelakar, bahwa dirinya dirinya hanya menjadi ketua Indonesia.

"Saya sementara ini ketua indonesia saja," kata Jokowi dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Kamis (21/3/2024).

Selengkapnya klik di sini

Daftar Partai Politik yang Lolos dan Gagal ke Senayan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  telah menetapkan hasil pemilihan legislatif 2024 yang tertuang pada Surat Keputusan Nomor 360 tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten atau Kota Tahun 2024. 

Berdasarkan data KPU, hanya delapan dari sembilan partai politik petahana yang berhasil kembali melenggang ke Senayan. 

Dalam penetepan KPU, total suara sah pada Pileg 2024 mencapai 151.796.631 suara. 

Selengkapnya klik di sini

1.000 Advokat Enggak Muat di Ruang Sidang MK

Wakil Dewan Pengarah Tim Kampanye (TKN) Prabowo-Gibran sekaligus Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, merespon dengan tawa upaya Timnas Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang akan mengerahkan 1.000 advokat untuk menggugat hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau 1.000 kan enggak muat di sidang MK kan he..he, terlalu banyak," kata Yusril sambil tertawa di kediaman Prabowo Subianto di kawasan Kartanegara, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam.

Selengkapnya klik di sini

PDIP Murka

Politikus PDI Perjuangan Deddy Sitorus, menegaskan mustahil bagi partainya untuk dapat berhubungan baik lagi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah Pemilu 2024.

Deddy mengatakan, kalau partainya bisa berhubungan baik kembali dengan seluruh lawan politik PDIP selama Pemilu 2024, tetapi tidak dengan Jokowi dan keluarganya.

"Hubungan kita dengan semua baik, yang tidak baik itu cuma dengan Jokowi," kata Deddy kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

Kata Deddy, ambisi Jokowi yang ingin terus berkuasa telah menghancurkan rumahnya sendiri demi kepentingan dia dan keluarganya agar terus berkuasa. 

Selengkapnya klik di sini

Bahlil Ejek PPP Gagal OTW Senayan

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengejek Menteri Pariwisata Sandiaga Uno di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan tahun 2023 di Istana Negara, Jumat (22/3/2024).

Kata Bahlil, Sandiaga sebenarnya hendak membayar pajak lebih, namun karena Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tak lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen suara niatnya itu diurungkan. 

"Pak Sandi tadi mau bayar pajak lebih Pak, tapi PPP belum lolos," kata Bahlil ke presiden Jokowi yang sontak membuat para pejabat yang hadir tertawa. 

Menanggapi ejekan Bahlil, Sandi menyebut bahwa itu hanya sebatas candaan yang dilakukan Bahlil padanya. 

Selengkapnya klik di sini

Baca juga berita Politik Monitorindonesia.com di sini