PDIP Incar Penantang Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 April 2024 11:53 WIB
Logo PDI Perjuangan (Foto: MI/Aswan)
Logo PDI Perjuangan (Foto: MI/Aswan)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristoyanto menyatakan bahwa pihaknya berupaya mengempaskan langkah politik Presiden Joko Widodo dan keluarganya. 

Hasto juga menuding Jokowi akan mendukung menantunya Bobby Nasution maju pada Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) mendatang sebagai langkah untuk melanggengkan kekuasaan keluarga mereka.

Pun Hasto memastikan partainya tidak akan mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara itu. Pasalnya, Bobby dianggap sebagai pengkhianat partai dan sudah berbeda jalur politik. Maka dari itu, PDIP akan mencari penantang Wali Kota Medan itu.

"PDI perjuangan melakukan penjaringan secara terbuka dari bawah. Bagi yang tertarik untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur dari PDI Perjuangan, silakan mendaftar baik di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut maupun ke DPP partai," kata Hasto, Senin (8/4/2024).

Bobby sebelumnya merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP). Ia bahkan maju sebagai Wali Kota Medan melalui partai berlambang banteng tersebut.

Belakangan ia dinyatakan tak memenuhi syarat sebagai kader PDIP. Soalnya, dia melanggar kode etik soal dukungan Pilpres 2024 karena secara terbuka mendeklarasikan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Ya tentu saja (dipastikan tidak akan mengusung Bobby, red). Karena garis politiknya sudah berbeda,” kata Hasto, dikutip pada Senin (8/4/2024).

Hasto menyebut pihaknya akan melakukan pemetaan dalam upaya mencari penantang Bobby. Calon terbaik bakal dipilih karena masyarakat di Sumatera Utara sangat kritis.

“Mereka masyarakat Sumatera Utara itu sangat egaliter. Sehingga, hanya dengan dukungan kekuasaan itu tidak menjadi jaminan,” tegasnya.

Bahkan, PDIP ke depannya akan melakukan penjaringan dari bawah untuk menemukan sosok yang tepat. “Bagi yang tertarik untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur dari PDI Perjuangan silakan mendaftar baik di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut maupun ke DPP Partai. Proses pendaftaran masih berlangsung,” tandas Hasto.

Sebelumnya, Bobby Nasution usai acara pengarahan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto untuk calon kepala daerah Golkar 2024, yang digelar di Kantor DPP Golkar, Sabtu (6/4/2024) mengaku ia mendapat penugasan menjadi calon gubernur Sumatera Utara. “Dari Sumut saya rasa untuk cagub," kata Bobby.

Bahkan, dia juga mengaku sudah mendapat doa restu mertuanya, yakni Presiden Joko Widodo terkait rencana maju cagub Sumut dan menjadi kader Golkar. "Ya pasti (Jokowi) mendoakan yang terbaik," tegasnya.