PDIP Belum Putuskan Posisinya pada Pemerintahan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 April 2024 13:00 WIB
Lambang PDI Perjuangan (Foto: MI/Dhanis)
Lambang PDI Perjuangan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto, mengatakan bahwa saat ini partainya belum memutuskan terkait posisi PDIP dalam pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran. 

Kata Hasto, poisisi di dalam pemerintahan ataupun luar pemerintahan (oposisi) sama pentingnya, karena dasar keduanya adalah demi kepentingan rakyat.

"Posisinya di dalam ataupun di luar itu kan garis besarnya bagi kepentingan rakyat," ujar Hasto kepada wartawan di Jakarta, dikutip Sabtu (13/4/2024). 

Sebelumnya, pada (15/2/2023) lalu, Hasto pernah menyampaikan bahwa PDIP siap berjuang sebagai oposisi di luar pemerintahan untuk menjalankan tugas check and balance.

Menurutnya, berada di luar pemerintahan adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDI Perjuangan pasca Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto.

Oleh karena itu, selain berjuang di luar pemerintahan atau di DPR, PDI Perjuangan akan berjuang lewat jalur partai.

Topik:

pdip