Beda Sikap Golkar Hari Ini dan Kemarin Soal Gabungnya Jokowi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 25 April 2024 20:10 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, mengungkap hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kabar hengkang dirinya dari PDI Perjuangan. 

Kata Doli, pihaknya tak mau kepedean bahwa Jokowi telah keluar dari PDIP dan bergabung ke Partai Golkar.

"Sampai sekarang belum pernah ada pernyataan resmi dari Pak Jokowi atau dari apa yang disebut keluarganya menyatakan keluar dari PDIP, kami juga nggak mau GR. Jangan-jangan masih PDIP," kata Doli di kantor Setneg, Jakarta, Kamis (25/4/2024). 

Doli menegaskan, bahwa sampai kini belum ada pembahasan mengenai gabungnya Jokowi di Golkar. 

Sebab kata Doli, Golkar meyakini bahwa Jokowi masih menjadi bagian dari PDIP, sehingga tak mau ikut campur dalam urusan partai lain. 

"Kebijakan apa yang diambil dari parpol lain kami nggak mau masuk dalam ikut campur urusan itu," ujarnya.

Sedangkan pada sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, buka suara soal status Presiden Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang disebut-sebut sudah bukan lagi menjadi bagian dari PDIP. 

Menurutnya Jokowi dan Gibran sudah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Golkar namun secara konstitusi Partai masih menunggu momentumnya. 

"Bahwa Pak Jokowi itu dekat dengan Partai Golkar. Jadi, bagi kami Pak Jokowi dan Mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya (menunggu) formalitasnya saja," kata Airlangga di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). 

Untuk diketahui, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, mengungkapkan jika Jokowi dan Gibran sudah bukan lagi menjadi bagian dari PDIP. 

"Ah orang sudah di sebelah sana, bagaimana mau dibilang bagian masih dari PDI Perjuangan, yang benar saja?," tegas Komarudin di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/4/2024).