Biaya Maju Pilkada Bikin Tekor, WH Belum Terpikirkan Maju Pilgub Banten

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 9 Mei 2024 16:35 WIB
Mantan Gubernur Banten periode 2017-2022, Wahidin Halim (Foto: Ist)
Mantan Gubernur Banten periode 2017-2022, Wahidin Halim (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Mantan Gubernur Banten periode 2017-2022 Wahidin Halim (WH), mengaku ragu untuk kembali maju pada kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Keraguan itu kata WH, dikarenakan biaya kontestasi politik di Indonesia membutuhkan biaya yang sangat besar dan tentu harus diperhitungkan bagaimana cara mengembalikannya.

"Modal banyak, nanti kembalinya gimana? kondisi pemerintah kaya gini, dengan (gaji) gubernur rendah, pakai logika, kalau kira banyak ongkos yang dikeluarkan," kata WH saat dihubungi wartawan, dikutip Kamis (9/5/2024).

Apalagi kata WH, perubahan sikap masyarakat dalam kontestaasi pemilihan umum kian pragmatis ketika menerima politik uang. 

"(Masyarakat) Berubah jadi monster, banyak pragmatis, transaksi secara terbuka. Kayak kemarin membutuhkan biaya banyak," ujar politikus Partai Nasdem. 

Atas dasar itu, WH yang juga mantan Wali Kota Tangerang dua periode itu enggan terburu-buru mengambil keputusan terkait langkah politiknya kedepan.

"Jadi liat perkembangannya dulu, perkembangan tren masyarakat, apakah kaya (Pilkada Banten) 2017," ujarnya. 

Untuk itu, hingga saat ini dirinya belum memutuskan, apakah akan melenggang ke Senayan sebagai Caleg DPR RI terpilih dari Dapil 3 Banten hasil Pileg 2024 atau maju pada Pilgub Banten yang akan digelar pada November mendatang

"Kami hitung, kami kalkulasi, mana yang lebih bermanfaat bagi saya di tengah kondisi begini karena niat saya maslahat berbuat baik. Kalau ditanya banyak mudarat, kami pilih maslahat, harus cermat itung-itungan politik," pungkasnya.