PKS Tutup Pintu untuk Anies Maju Pilgub Jakarta: Kami Mengutamakan Kader

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 Mei 2024 15:00 WIB
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, buka suara soal peluang Anies Baswedan maju dalam Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur (cagub) melalui partainya. 

Kata Mardani, PKS akan menghargai keputusan Anies jika dirinya memutuskan untuk maju dalam Pilkada Jakarta. 

Seperti diketahui, PKS telah menyatakan komitmennya untuk mengusung kadernya sendiri pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta. 

"Kita tentu menghargai Kalau Mas Anies sudah buat keputusan dan mungkin akan ada pertemuan dengan PKS tapi sampai ada keputusan resmi PKS tentu mengutamakan kadernya sendiri," kata Mardani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). 

Sebagai pemilik suara terbanyak di Jakarta, PKS berkomitmen hanya akan mengusung kadernya sebagai calon gubernur Jakarta.

"DKI karena PKS menang tentu PKS ingin calon yang terbaik dan lagi-lagi komunikasi sudah dilakukan, kita perlu berkoalisi dan kader diutamakan," ujarnya. 

"Tetapi politik itu dinamis teman-teman DPP dan DPW sedang menggodok dalam waktu dekat akan ada penjelasan 

Lebih lanjut Mardani menyampaikan, PKS akan menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk sama-sama menggodok nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung. 

"Dengan partai lebih dahulu karena calon bagaimanapun memerlukan tiket kalau independen kan sudah selesai ini dan Partai nanti baru kita akan godok," bebernya. 

Mardani optimis, dengan kekuatan peta politik PKS di Jakarta akan membuat banyak partai politik memlih bergabung untuk berkoalisi pada Pilgub Jakarta. 

"Kalau di grass root tingkat kepuasan publiknya tinggi dan kami yakin PKS komunikasinya baik dengan banyak partai," pungkasnya.