Tak Tertarik dengan Kaesang, Demokrat Siapkan Cawagub pada Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 2 Juni 2024 18:41 WIB
Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra (Foto: Ist/Repro)
Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra (Foto: Ist/Repro)

Jakarta, MI - Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan bahwa partainya belum melihat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sebagai sosok potensial untuk diusung sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta pada Pilkada 2024.

Demokrat, kata Herzaky, saat ini tengah fokus mendengarkan berbagai usulan dalam mencari kader internal untuk mengisi kursi calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta. 

"Kami masih fokus godok (posisi) wagub dulu nih dari kader kami internal. Kita sedang godok dengan matang nih," ujar Herzaky, Minggu (2/6/2024). 

Herzaky mengaku, partainya sadar diri tak bisa mengusung sendiri figur cagub-cawagub di Pilkada DKI. Bahkan, berkaca pada kursi di DPRD Jakarta hasil Pileg 2024, Demokrat memilih realistis untuk memperjuangkan kursi cawagub ketimbang cagub.

Karena itu, Demokrat terus menjalin komunikasi dengan partai di koalisi. 

"Posisi yang pas buat kader kami saat ini kami lihat adalah sebagai wagub. Bisa jadi kami akan mendukung gubernur dari luar, bukan kader internal," kata Herzaky.

Herzaky pun menekankan bahwa partainya ingin mengusung figur yang punya peluang besar untuk menang. Kriterianya, dekat dengan warga dan bisa memberikan solusi.

"Tidak hanya beretorika atau sibuk menjaga nama agar tetap diingat warga sampai 2029," ujar Herzaky.