Bahas Anggaran Pertahanan 2025, Komisi I DPR Gelar Rapat Kerja Tertutup dengan Kemhan-Pimpinan TNI

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Juni 2024 11:08 WIB
Gedung DPR RI (Foto: MI/Dhanis)
Gedung DPR RI (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Komisi I DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) beserta Panglima TNI, KSAD, KSAU, KSAL di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Rapat dipimpin langsung Ketua Komisi I DPR RI fraksi Partai Golkar Meutya Hafid. Adapun rapat mengagendakan dua pembahasan.

"Yang akan kita bahas hari ini adalah realiasasi dan evaluasi pelaksanaan Tahun Anggaran 2023. Kemudian pembahasan rencana kerja RKA dan rencana kerja pemerintah RKP Kemhan 2025," kata Meutya.

Meutya pun meminta persetujuan rapat kerja hari ini digelar secara tertutup karena agenda pembahasan menyangkut anggaran pertahanan sangat sensitif. 

"Karena rapat ini bersifat anggaran yang tentunya menyangkut alutsista maka rapat ini biasanya dilakukan secara tertutup. Namun demikian dari pimpinan akan menawarkan kepada pemerintah apakah rapat ini perlu dilakukan secara tertutup?" tanya Meutya yang dijawab setuju oleh pihak pemerintah dan anggota Komisi I DPR yang hadir.

Dalam rapat itu dihadiri Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal Tonny Harjono, dan Wakil KSAL Laksamana Madya Erwin S. Aldedharma.

Sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berhalangan hadir karena sedang menghadiri konferensi tingkat tinggi "Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza".