PKS Tak Mau Terburu-buru Usung Anies di Pilgub Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 Juni 2024 15:10 WIB
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini, mengatakan bahwa PKS sampai sejauh ini belum memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada Jakarta 2024.

"PKS masih melakukan pendalaman dengan calon-calon gubernur DKI," kata Jazuli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024). 

Sementara itu, ia mengaku bahwa PKS akan menghormati langkah politik PKB apabila secara resmi menyatakan mengusung Anies untuk Pilgub Jakarta. 

"Kalau PKB sudah mendeklarasikan ya kita hormati tentu langkah PKB, tapi PKS juga di DPP kan harus melalui proses," ujarnya. 

Kata Jazuli, PKS jika ingin mengusung seorang calon kepala daerah biasanya selalu datang usulan tersebut dari bawah. 

"Mungkin ada perbedaan di antara PKS dengan partai-partai lain. PKS itu kalau mengusulkan pilkada ini usulan itu datangnya dari bawah. Makanya kalau teman-teman lihat PKS kalau mengusung satu calon kepala daerah, mesinnya itu mantap," tukasnya. 

Sebelumnya, Sekretaris DPTW Abzul Aziz mengatakan bawat DPTW PKS Jakarta siap mengusung Anies Baswedan untuk kembali maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Menurutnya, masih banyak masyarakat Jakarta dan kader hingga simpatisan PKS yang berharap Anies dapat memimpin Jakarta kembali.

"Iya, iya, kami menampung aspirasi dari bawah. Sehingga ada masukan-masukan bahwa kader menginginkan kembali Pak Anies menjadi gubernur dicalonkan kembali oleh PKS. Kami tampung itu dan kami informasikan ke DPP," kata Aziz kepada wartawan, Kamis (23/5) lalu 

Aziz menyebut, bahwa nama Anies sudah masuk dalam surat rekomendasi yang dikirimkan ke DPP PKS, pada Rabu (22/5) kemarin. "Jadi, kita hanya bersurat ke DPP, nanti DPP yang akan memverifikasi," ujarnya.