Ganjar Tolak Pencalonan Anies Pilkada? PDIP Bilang Begini

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 18 Juni 2024 12:19 WIB
Anies Baswedan (Foto: Dok MI)
Anies Baswedan (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membantah eks calon presidennya pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menolak pencalonan Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta.

 Juru bicara PDIP, Cyril Raoul Hakim atau Chico Hakim mengklaim, Ganjar hanya mengatakan saat ini partai berlambang kepala banteng tersebut tengah berfokus untuk menjaring kader atau tokoh internal untuk dicalonkan pada sejumlah pilkada mendatang.

"Maksud beliau mungkin PDI Perjuangan sedang masih fokus menjaring kader dari internal untuk dicalonkan. Jadi tidak bisa dipaksakan untuk terburu buru mengusung calon yang bukan kader," kata Chico, Selasa (18/6/2024). 

Sebelumnya, Ganjar membenarkan PDIP memiliki ruang untuk mengusung sosok non kader pada sebuah kontestasi politik. Meski demikian, dia menilai, sosok non kader tersebut biasanya memiliki nilai, visi, dan ideologi yang senada dengan PDIP.

Dia pun kemudian mengatakan pemilihan sosok non kader perlu proses dan diskusi yang panjang. Hingga akhirnya, menurut dia, PDIP tak akan memaksakan jika sosok non kader tersebut memang tak memenuhi kriteria partai tersebut.

Topik:

Anies Ganjar PDIP