Ridwan Kamil: Jakarta Butuh Pemimpin yang Punya Imajinasi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Juni 2024 16:15 WIB
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: MI/Dhanis)
Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan bahwa Jakarta adalah tempat untuk menyampaikan gagasan-gagasan kelas dunia. 

Sehingga Jakarta membutuhkan pemimpin yang memiliki imajinasi tinggi untuk menyampaikan gagasan tersebut. 

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," kata Ridwan Kamil, Minggu (23/6/2024). 

Menurutnya, Pilkada Jakarta 2024 merupakan momentum bersejarah, sebab beriringan dengan perpindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke IKN. 

Dia juga mengatakan Jakarta sebagai kota yang telah tumbuh lama tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara Indonesia yang akan dipindahkan ke IKN.

"Jakarta tidak perlu takut pada IKN karena Jakarta akan tetap punya relevansinya sendiri sebagai kota yang sudah eksis ratusan tahun," ujarnya.

Kata dia, Jakarta harus menjadi kota yang bersahabat dengan kota-kota/kabupaten sekitarnya. Sebab, kondisi yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari kondisi yang terjadi di tingkat global maupun wilayah sekitarnya.

"Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," ucapnya.