PDIP Prioritaskan Nama Andika Perkasa untuk Diusung Sebagai Cagub Jakarta pada Pilkada 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 1 Juli 2024 16:08 WIB
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, mengatakan partainya tengah mempersiapkan nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta di Pilkada 2024.

"Di internal mulai diinventarisir nama-nama, prioritas pertama Pak Andika memang untuk calon gubernur DKI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024). 

Meski begitu, Said mengakui partainya tak bisa mengusung Andika seorang diri untuk Pilgub Jakarta karena tak cukup tiket untuk dapat mencalonkan cagub maupun cawagub. 

"Kemudian dari perkembangan berbagai situasi terkini karena PDI Perjuangan tidak bisa sendiri tentu perlu menggaet partai-partai yang ada di Jakarta," ujarnya. 

Selain nama Andika kata Said, nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini juga masuk pertimbangan partai untuk diusung sebagai cagub Jakarta. 

"Tentu tidak tunggal Pak Andika, ada Ibu Risma diantaranya juga untuk di Jakarta kemudian kami berkomunikasi dengan berbagai partai," ucapnya. 

Selain kedua nama kader internal itu, PDIP juga tengah mempertimbangkan nama Anies Baswedan yang telah lebih dulu diusung oleh PKS sebagai cagub Jakarta. 

"Bahwa pada akhirnya sebagaimana yang disampaikan oleh Sekjen kami Pak Hasto Kristyanto, bahwa anies juga jadi bagian pertimbangan," tuturnya. 

Kendati begitu diakui Said, usulan-usulan nama-nama tersebut belum masuk pembahasan pada rapat di tingkat DPP PDIP dan juga belum dilaporkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri . 

"Namun ini masih proses-proses awal yang belum masuk dalam rapat dpp dan belum dilaporkan kepada Ibu ketua umum," pungkasnya.