DPR Sesalkan Pemecatan Hasyim oleh DKPP, Puan: Harusnya Tidak Terjadi Hal Seperti Itu

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 4 Juli 2024 13:08 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua DPR RI Puan Maharani, menyesalkan atas terjadinya pemecatan terhadap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait kasus asusila kepada anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri PPLN. 

"Harusnya tidak terjadi hal-hal seperti itu (pemecatan dan perbuatan asusila)," kata Puan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024). 

Meski begitu, Puan mengaku DPR akan menghormati putusan DKPP terhadap Hasyim dan akan menunggu surat dari Presiden Joko Widodo terkait pemberhentian Hasyim sebagai Ketua dan Anggota KPU RI 

"Kami menghormati keputusan DKPP, nanti setelah 7 hari kemudian Presiden mengeluarkan perpres pemberhentiannya ya, DPR sesuai mekanismenya akan memproses yang ada," ujarnya. 

Selain itu, kata Puan DPR juga akan mengevaluasi terhadap tim panitia seleksi (Pansel) calon anggota penyelenggara pemilu agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari. 

"Kalaupun itu ada, kita harus sama-sama evaluasi kita harus cari figur-figur yang mungkin lebih baik, dan mekanisme yang ada sama-sama kita perbaiki," jelasnya