Sedih Hasyim Asy'ari Dipecat Gegara Asusila, Megawati: Kok Bisa Begitu Ya, Pusing Saya

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 Juli 2024 12:27 WIB
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Yt/@PDIPerjuangan]
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri [Foto: Yt/@PDIPerjuangan]

Jakarta, MI - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sedih atas perilaku Hasyim Asy'ari, sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"KPU, nah kemarin. Itu saya ngomong begini kenapa? Karena saya warga bangsa," kata Megawati di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

"Sedih saya melihat yang namanya pemerintahan Republik Indonesia, itu 'kan bagian, kok begitu ya, pusing saya," tambahnya.

Padahal, kata dia, KPU memiliki fungsi untuk mengayomi masyarakat. Hal ini mengingat masyarakat masih berada pada bayang-bayang kemiskinan, ketidakadilan, dan berbagai pembelengguan untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses kehidupan dan berbangsa.

"Padahal, fungsinya mengayomi, memberikan tadi saya ngomong, masih terjaga oleh kemiskinan, ketidakadilan, dan berbagai pembelengguan atas hak-haknya untuk berpartisipasi dengan setara dalam seluruh proses politik, ekonomi, dan pembangunan kemajuan bangsa," tandasnya.

Sebelumnya, DKPP RI menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap untuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, terkait dengan kasus dugaan asusila.

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy'ari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum RI terhitung putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP RI Heddy Lugito dalam sidang pembacaan putusan di Kantor DKPP RI, Jakarta, Rabu (3/7/2024).