Gus Yahya Duga Pembentukan Pansus Angket Haji untuk Serang PBNU

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (Foto: Ist)
Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, menduga alasan dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji 2024 karena adanya masalah pribadi yang ingin menyerang NU.

"Ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan kepada kita, pansus haji kemudian nyerang NU. Jangan-jangan ini masalah pribadi, ini jangan-jangan, gitu loh," kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2024). 

Pasalnya kata dia, tak ada alasan kuat yang menjadi dasar dibentuknya pansus haji tersebut, sehingga menurutnya hal ini menimbulkan banyak pertanyaan. 

"Kami melihatnya nggak ada yang bisa dijadikan alasan yang cukup untuk pansus ini dan masyarakat saya juga bisa melihat lagi," ujarnya.

Ia menduga, pembentukan Pansus angket haji karena ada kaitannya dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, yang merupakan adiknya. 

"Jangan-jangan gara-gara menterinya adik saya, misalnya gitu. Itu kan masalah, jangan-jangan karena dia sebetulnya yang diincar," pungkasnya.