Ayo Para Mahasiswa Mendaftar, Bawaslu RI Gelar Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu, Begini Cara Daftarnya!

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 31 Juli 2024 2 jam yang lalu
Bawaslu RI Gelar Kompetisi Dabat Penegakan Hukum Pemilu (Dok. Bawaslu RI)
Bawaslu RI Gelar Kompetisi Dabat Penegakan Hukum Pemilu (Dok. Bawaslu RI)

Jakarta, MI - Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu RI mengadakan kompetisi debat penegakan hukum Pemilu antar perguruan tinggi se-Indonesia ke-IV tahun 2024.

Adapun para mahasiswa yang ingin mengikuti debat ini dapat mendaftarkan diri mulai 21 sampai dengan 30 Agustus 2024. Debat kali ini mengangkat tema 'Pemilihan Serentak 2024'.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu RI, Puadi, menjelaskan terkait gelaran kompetisi debat bagi perguruan tinggi se-Indonesia ini.

Ia menyampaikan bahwa debat kali ini bisa dimanfaatkan oleh para perguruan tinggi khususnya mahasiswa untuk menggali lebih jauh isu-isu yang akan muncul di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 mendatang.

"Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2024 ini diprediksi akan memunculkan berbagai isu persoalan, baik dari aspek hukum, aspek sosial, aspek ekonomi, hingga aspek politik itu sendiri," kata Puadi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (31/7/2024).

Ia mengatakan, beberapa isu sudah memunculkan perdebatan jelang penyelenggaraan pemilihan yang telah masuk tahapan persiapan dan tahapan pemutakhiran daftar pemilih.

Isu yang memunculkan perdebatan di ruang publik di antaranya; kontestasi kotak kosong yang berpotensi menang akan menimbulkan gangguan stabilitas politik untuk 5 tahun ke depan, sampai dengan kepala daerah petahana yang bukan menjadi peserta pemilihan dinilai akan menggunakan kuasanya untuk mendukung salah satu peserta pemilihan.

Oleh karena itu, Bawaslu memandang penting permasalahan-permasalahan itu diketahui secara luas oleh publik, untuk kemudian memunculkan diskursus mengenai solusi-solusi terbaik yang dapat menguatkan penegakan hukum Pemilu.

"Sehingga nantinya dapat memudahkan dalam mencapai keadilan Pemilu," kata Puadi. 

Ia mengatakan, mahasiswa sebagai elemen penting dari masyarakat, memiliki peran penting untuk turut berpatisipasi dalam menghimpun gagasan-gagasan baru. 

Hal ini mengingat peranan mahasiswa dalam sejarah terbukti sebagai agent of change yang mampu membuat perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat. 

"Salah satu cara untuk menghimpun gagasan- gagasan itu adalah melalui metode debat yang melibatkan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia," jelas Puadi.

Ia menjelaskan terkait tujuan penyelenggaraan kompetisi debat penegakan hukum Pemilu antar perguruan tinggi se-Indonesia ke-IV tahun 2024.

Mantan Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta ini kegiatan ini sebagai bentuk dari Bawaslu dalam mensosialisasikan Pilkada Serentak 2024.

"Melaksanakan sosialisasi peran Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota," kata Puadi.

Yang terpenting, kata dia, memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya mahasiswa terkait isu kepemiluan.

"Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai Kepemiluan dan Penegakan Hukum Pemilu," ungkap Puadi.

Selain itu, diharapkan dengan kompetisi debat dapat memunculkan diskursus terkait penegakan hukum Pemilu

"Mendorong terdapatnya diskursus mengenai konsep Penegakan Hukum Pemilu yang ideal," tutup Puadi.

Berikut Ini Dokumen Pendaftaran yang Dibutuhkan:

  1. Formulir Pendaftar (cek website resmi Bawaslu: bawaslu.go.id);

  2. Pas Foto Terbaru Berwarna Latar Belakang Merah, Ukutan 4X6;

  3. Daftar Anggota Regu dan Pendamping/OFFICIALS;

  4. Biodata Anggota Regu;

  5. Biodata Pendamping/OFFICIALS;

  6. Kartu Tanda Mahasiswa S-1;

  7. Surat Persetujuan Perguruan Tinggi/Institusi Pendidikan;

  8. Surat Pernyataan Tidak Akan Mengundurkan Diri;

  9. Artikel Ilmiah Minimal 5 Halaman dan Maksimal 7 Halaman;

  10. Lembar Orisinalitas Artikel;

  11. Link Video Presentasi yang Telah Diunggah ke Dalam GoogleDrive dan Memberikan Akses kepada email: [email protected];

  12. Seluruh Dokumen Pendaftaran Diunggah Melalui Link: https://zfrmz.com/vhUGS7LRZg9YZ7JzTOdv (Ukuran File Maximal: 200kb dengan Format PDF).