Gerindra Serahkan Keputusan Pendamping Dedi Mulyadi ke Golkar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 6 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Ketua DPP Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)
Ketua DPP Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) telan menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Golkar untuk menentukan sosok cawagub sebagai pendamping bagi Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

"Kita sudah serahkan ke Partai Golkar nanti tentunya terserah Partai Golkar apakah nanti akan memajukan kader yang mana," kata Dasco kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2024). 

Kata Dasco, saat ini Gerindra dan KIM saat ini masih menunggu keputusan Golkar soal nama yang bakal dicalonkan.

Setelah diterima, lanjut Dasco, nantinya pasangan cagub-cawagub untuk Pilkada Jabar akan segera diumumkan kepada publik. 

"Dan kita masih menunggu sebelum kemudian kita umumkan ke publik," ujarnya. 

Dasco juga memastikan sampai sejauh, KIM di Pilkada Jabar masih sangat solid dan tak ada masalah soal siapa sosok yang akan diusung. 

"Oh enggak kita sudah bicara kok, ya kalau di Jawa Barat harus solid lah," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily, buka suara soal pengusungan kader Partai Gerindra Dedi Mulyadi sebagai bakal bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Kata Ace, partainya hanya akan mengisi posisi bakal calon wakil gubernur untuk Pilkada Jabar sebagaimana kesepakatan antara Golkar dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Ya itu sudah menjadi bagian dari kesepakatan," kata Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2024). 

Meski begitu kata Ace, walaupun Golkar sebelumnya menginginkan agar Ridwan Kamil kembali maju di Pilgub Jabar karena mempunyai elektabilitas tinggi, partainya harus merelakan kursi calon gubernur kepada Gerindra. 

"Karena itu, saya sebagai Ketua Golkar Jawa Barat tentu menerima apapun perintah dari partai," ujarnya. 

Selain itu, kata Ace, bahwa calon pendamping Dedi Mulyadi untuk Pilkada Jabar bakal ditentukan oleh pimpinan pusat partai berlambang pohon beringin itu.

Namun dia juga memberikan sinyal bahwa nama Wakil Ketua DPRD Jabar Ade Ginanjar bakal dibahas dengan ketua umum partai. Adapun Ade Ginanjar juga merupakan kader dari Partai Golkar.

"Nanti bersama ketua umum kita akan bahas, ya mudah-mudahan secepatnya," kata dia.