NasDem Khawatir Anies Gagal Maju Pilkada Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Bendera Partai NasDem (Foto: Ist)
Bendera Partai NasDem (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie, mengaku khawatir apabila Anies Baswedan gagal diusung pada Pilkada Jakarta oleh PKS dan NasDem yang sebelumnya sudah mendeklarasikan dukungan kepadanya. 

Karena itu, ia berharap Ketua Umum NasDem Surya Paloh tak berubah pikiran perihal telah diusungnya Anies oleh NasDem pada Pilkada Jakarta. 

"Pak Surya itu 'kan ber-statement (berbicara) itu sesuai dengan realisasi. Jadi, antara ucapan dan tindakan 'kan biasanya sama. Nah, kali ini apakah nanti sama? Kami harapkan sama," kata Effendy di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8/2024). 

Sebab kata dia, jika Pilkada Jakarta hanya menyajikan calon tunggal saja, yakni Ridwan Kamil yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, maka kondisi seperti ini sangatlah menyedihkan bagi demokrasi. 

"Pada era demokrasi, rakyat dikasih pilihan orang yang bernyawa, yang satu tidak bernyawa, berarti 'kan memang yang tidak bernyawa bisa dipilih, tetapi 'kan namanya yang tidak bernyawa 'kan tidak bisa memimpin. Nah, karena itu kami sedih kalau calonnya hanya satu," ujarnya. 

Oleh sebab itu, dia mengharapkan Pilkada Jakarta akan menyajikan pertarungan banyak figur, baik itu Anies Baswedan maupun Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, hingga mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

"Ada Anies, Ada RK kalau OTw ke sini, ada Ahok, wah bagus rakyat dikasih pilihan. Oh bagus banget, betul enggak?" pungkasnya.

Untuk itu, kata Effendy sebaiknya KIM tidak mengganggu koalisi yang sudah terbentuk untuk mengusung Anies di Pilgub Jakarta. 

"Koalisi Indonesia Maju (KIM) ya sudahlah itu 'kan sudah banyak partai, yang dengan Anies tiga partai ini ya sudah lalu jalan, yang PDI Perjuangan kalau mau Ahok kalau mau koalisi lain ya silakan. Itu saya kira lebih menarik," jelasnya.