Kemarin Cak Imin Temui Prabowo, Begini Respons PDIP

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 9 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menilai pertemuan antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan Ketua Umum Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto adalah hal yang bagus.

"Pertemuan suatu hal yang bagus, dialog antar para pemimpin," ujar Hasto usai Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang Keempat di Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024). 

Dia juga mengungkapkan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu intens melakukan sejumlah pertemuan dengan partai politik lainnya.

Pria asal Yogyakarta itu mengaku dirinya bersama Ketua DPP PDIP Said Abdullah pada minggu lalu telah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Kami juga berkomunikasi dengan Bapak Airlangga. Kemudian, Sekretaris Jenderal Gerindra Pak Ahmad Muzani, Mas Dasco. Jadi, komunikasi intens kami lakukan dengan partai-partai lain," katanya.

Saat ditanya awak media apakah pertemuan antara Cak Imin dengan Prabowo berpotensi mempersempit ruang gerak PDIP di Pilkada, Hasto menilai Pilkada Serentak 2024 justru memiliki ruang gerak yang luas lantaran mencerminkan harapan rakyat.

Menurutnya, harapan rakyat tak bisa dibendung. Oleh karena itu, pihaknya sangat menyayangkan apabila ada upaya yang mencoba membuat berbagai bendungan politik dan ingin menutup aspirasi rakyat.

"Biarkanlah Pilkada itu menjadi ajang kontestasi yang sehat di mana ide-ide ditampilkan dengan baik dengan kualitas kepemimpinan yang mumpuni," jelas Hasto.

Sebelumnya diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyambangi rumah Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8) malam.

Usai melakukan pertemuan, Cak Imin mengaku berbincang berbagai hal dengan Prabowo dan tak menampik bahwa ada juga pembahasan mengenai Pilkada Jakarta.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa perbincangan dengan Prabowo juga terkait kesediaan PKB bersama-sama membangun bangsa. "Ini membahas negara ini, bukan Pilkada saja," kata Cak Imin.