5 Hari Lagi, Cagub Ridwan Kamil-Cawagub Suswono Diumumkan

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 14 Agustus 2024 1 jam yang lalu
Suswono (kiri) dan Ridwan Kamil (kanan) (Foto: Kolase MI/Aswan)
Suswono (kiri) dan Ridwan Kamil (kanan) (Foto: Kolase MI/Aswan)

Jakarta, MI - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Ridwan Kamil (RK) dan Suswono yang diusung di Pilkada Jakarta akan diumumkan pada Senin, 19 Agustus mendatang. Dalam hal ini tinggal 5 hari lagi.

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," kata  Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Rabu (14/8/2024).

Sejauh ini, menurutnya partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pun masih membahas teknis pengumuman itu digelar secara terpisah atau secara bersamaan. "Ya itu kan nama yang beredar, ada juga ya tadi mungkin Pak Zul sudah ngomong," jelas Dasco.

PAN usul Suswono

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyatakan bahwa pihaknya mengusulkan nama Suswono sebagai bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Ridwan Kamil.

"Ya, ada yang sudah mengusulkan Suswono," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (14/8/2024). 

Kendati usulan terhadap Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PKS itu belum dibahas bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM). "Belum," singkatnya.

Pun Zulhas menepis bahwa sosok inisial "S" merupakan inisial dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA: PAN Usul Suswono Cawagub Ridwan Kamil Pilkada DKI

"Suswono, enggak (Kaesang)," katanya sembari menyatakan politik bersifat dinamis sehingga tak menutup pula kemungkinan peluang Kaesang untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur "Ya, politik kan kita kadang-kadang di ujung".

Adapun nama Suswono santer ketika PKS mulai membangun komunikasi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilgub Jakarta 2024.

"Jadi keputusan DPP PKS sebelumnya bahwa kita rencana pertama adalah mengusung bapak Anies-Sohibul Iman, dan kerangka kerja kita itu berlangsung sejak deklarasi 25 Juni sampai 4 Agustus kemarin," kata Kholid dalam jumpa pers di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2024).

BACA JUGA: Sosok Ketua MPP PKS Suswono

Meski enggan menanggapi soal nama Suswono yang akan diusung, namun Kholid tak membantah kalau ada opsi-opsi lain yang bakal dibahas bersama partai politik pendukung Prabowo-Gibran di dalam KIM.

"Salah satu opsinya adalah kita membangun komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju. Sampai tahapan mengkaji, membahas opsi alternatif ketika pasangan AMAN ini tidak bisa berlayar karena kekurangan kursi," kata Kholid.

Namun yang jelas, partainya akan menyodorkan nama kader sendiri. Meskipun nantinya PKS bergabung ke dalam KIM sebagai opsi kedua karena gagal mengusung Anies-Sohibul Iman (AMAN) sebagai opsi pertama.

"Dan sekarang di opsi yang kedua juga sama kita mengusulkan apakah kader kita maju sebagai calon gubernur atau sebagai calon wakil gubernur. Tentu ini opsi kedua beda dengan opsi pertama," demikian Kholid. (an)