Anies Kena PHP NasDem Buat Nyalon di Pilkada Jakarta, Willy Sebut Anies Gak Kecewa

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Agustus 2024 4 jam yang lalu
Ilustrasi Bendera NasDem (Foto: Ist)
Ilustrasi Bendera NasDem (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, mengklaim mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak kecewa dengan keputusan NasDem yang menarik dukungannya untuk Anies di Pilkada Jakarta 2024.

"Enggak ada yang kecewa. Teman-teman bisa tanya ke Anies, dan ini bukan keputusan yang ujug-ujug," kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

Kata Willy, meski NasDem sebelumnya sudah menyatakan dukungannya kepada Anies, tetapi menurutnya politik sangatlah dinamis, dan semua bisa terjadi. 

"Ada banyak dinamika, ada banyak variabel, yang semua diambil dan dibicarakan secara bersama-sama dengan Anies," ujarnya

Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa NasDem akan selalu menjadi rumah bagi Anies untuk berdiskusi membicarakan banyak hal.

"Dan Anies sudah memahami situasi yang ada ini. Keputusan diambil secara bersama-sama, bukan bertepuk sebelah tangan karena itu kultur yang dibangun Pak Surya (Ketua Umum NasDem Surya Paloh)," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa tidak ada yang disembunyikan sebab semua keputusan terkait Anies dan Pilkada Jakarta merupakan hasil dari pembicaraan yang mendalam.

Sebelumnya, Surya Paloh mengaku telah memperjelas posisi partainya dengan memberi tahu bahwa saat ini bukan momentum bagi Anies Baswedan untuk maju pada Pilkada Jakarta.

“Saya sudah beri tahu Pak Anies: Pak Anies, Anda sebagai adik, ini bukan momen Anda untuk maju pada Pilkada Jakarta. Kita cari momentum yang lebih tepat lagi ke depan. Ada pemahaman itu,” ucap Surya Paloh usai menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (15/8) malam. 

Surya menyebut, kedatangannya ke kediaman presiden terpilih itu juga memperjelas posisi Partai NasDem. Pada kesempatan tersebut, Surya mengatakan bahwa NasDem bertekad mendukung pemerintahan Prabowo ke depan.

Seperti diketahui, pada sebelumnya (22/7) lalu, Partai NasDem resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024 setelah PKS. 

"Kami telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada DKI, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem," ujar Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/7).