Megawati Minta Rakyat Tak Dipaksa Cari Pemimpin Belum Mumpuni, Singgung Gibran?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 17 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Megawati Soekarnoputri (Foto: Istimewa)
Megawati Soekarnoputri (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta agar rakyat tak dipaksa mencari pemimpin yang belum mumpuni.

"Berilah hak rakyat untuk dapat mencari pemimpinnya yang benar-benar itu bagi mereka adalah pemimpin yang sejati. Bukan mencari atau dipaksakan untuk mencari pemimpin yang pada kenyataannya belum mempunyai kader sebagai pemimpin yang mumpuni," kata Megawati dalam amanatnya saat memimpin upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). 

Menurut Mega, memiliki pemimpin yang mumpuni pun merupakan hak rakyat sebagai warga negara. Sanggupkah kalian untuk melindungi rakyat, untuk memberikan hak rakyat sepenuhnya di tangan mereka," jelas mantan Presiden RI ke-5 itu.

"Biarkan mereka merasakan sukacita bahwa tangannya ini kalau nanti akan mencoblos, maka dia mencoblos seseorang yang benar seorang pemimpin yang mumpuni," timpalnya.

Adapun dalam Pemilihan Presiden 2024, pasangan calon dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menjadi pemenang usai mengalahkan kedua pesaingnya. 

Duet Ketua Umum Partai Gerindra dengan anak sulung Presiden Joko Widodo itu bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober 2024 mendatang. (wan)