PKS Akui Diminta KIM untuk Usulkan Kadernya Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid (Foto: Antara)
Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Kholid, mengatakan bahwa partainya diminta mengirimkan kadernya untuk maju sebagai bakal calon wakil gubernur Jakarta pendamping Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta.

"Sudah mulai ada titik terang. Hingga saat ini, insya Allah cagub usulan (Koalisi Indonesia Maju) KIM adalah Ridwan Kamil (RK) dan Cawagub yang diminta untuk mendampinginya dari PKS," kata Kholid dalam keterangannya, Sabtu (17/8/2024). 

Menurut Kholid, kerja sama antara PKS dan KIM itu berpotensi terjadi lantaran komunikasi yang terjalin hingga saat ini berjalan dengan baik.

Kholid sendiri mengaku telah mengetahui sosok yang akan dipasangkan dengan mantan Gubernur Jawa Barat itu.

Dia memastikan akan mengumumkan siapa calon pendamping RK dalam waktu dekat.

"Progressnya alhamdulilah bagus, dan jika tidak ada aral melintang, kemungkinan akan diumumkan dalam waktu dekat, yakni 19 Agustus mendatang," kata dia.

Sebelumnya, PKS merupakan salah satu partai yang mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024 lalu.

Setelah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar kalah dalam pilpres, Anies kembali berencana untuk maju dalam pilkada Jakarta sebagai incumben.

Semula, partai yang dahulu mendukung Anies di Pilpres 2024 kembali akan pasang badang untuk memberi dukungan di pertarungan Pilkada Jakarta.

Namun belakangan, beberapa partai pendukung Anies mulai keluar dari koalisi dan masuk ke dalam kubu KIM. Beberapa partai yang akhirnya berlabuh ke KIM yakni NasDem dan PKS.