Polri Berhasil Gagalkan Bom Stoples 70 Buah yang Akan Dirakit

  • Whatsapp
Polri Berhasil Gagalkan Bom Stoples 70 Buah yang Akan Dirakit
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.[ist]
Monitorindonesia.com – Tim Densus 88 Anti Teror, Polri mengamankan sejumlah pelaku di dia lokasi di Condet, Jakarta Timur dan Serang Baru, Bekasi, Senin (29/3/201).
Dalam kegiatan itu, densus 88 Anti Teror, Polri menyita barang bukti berupa lima bom aktif yang bisa dibuat menjadi 70 bom pipa. Berat bom tersebut seberat 3,5 kilogram yang tentunya muda meledak dan berdaya ledak tinggi.
“Dari penggeledahan-penggeledahan tersebut juga ditemukan empat-lima bom aktif yang sudah dirakit dalam bentuk kaleng dengan sumbu yang terbuat TATP (triacetone triperoxide). Ini adalah sebuah senyawa kimia yang mudah meledak dan tergolong sebagai high explosive yang sangat sensitif, TATP adalah senyawa peroksida yang memiliki sifat khas yang sangat mudah terbakar hanya dengan gesekan panas dan pemicu-pemicu yang lainnya,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/3).
Fadil menuturkan, bahan peledak itu diledakkan di sebuah lapangan bola agar tidak membahayakan warga.
“Oleh sebab itu, tim jibom dari Satuan Gegana Polda Metro Jaya memutuskan untuk melaksanakan disposal di dua lokasi di mana ditemukan TATP tersebut, yaitu di Sukasari, Serang Baru Bekasi, dan di Condet, Jakarta Timur,” ujar Fadil.
Fadil mengungkapkan, bahan peledak itu nantinya akan digunakan untuk sejumlah aksi teror.
“Dari temuan handak (bahan peledak) tersebut beserta bahan baku yang ada sesuai dengan perhitungan dari tim bahwa TATP dari lima bom stoples dengan berat 3,5 kg diperkirakan dapat membuat sekitar 70 bom pipa. Tadi sudah disposal ukurannya dari pipa kalau dari rakit menjadi sebuah bom akan menjadi 70, kurang-lebih sekitar 70 bom pipa. Ini adalah efek bom dari TATP yang berhasil dideteksi dan dicegah dari teman-teman Densus 88 Satgas Wilayah Polda Metro Jaya,” pungkas mantan Kapolda Jatim ini.  (tak)

Pos terkait