Polri Bersiap Terjunkan Densus 88 Memburu Kelompok Teroris Papua

  • Whatsapp
Teroris MIT Penggal 4 Warga di Poso
Ilustrasi Densus 88 Antiteror

Monitorindonesia.com – Pemerintah secara resmi menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai organisasi teroris. Atas penetapan itu, Polri langsung melakukan identifikasi agar nantinya dapat langsung melakukan penegakan hukum.

Hingga saat ini masih mengkaji mekanisme penerjunan tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri ke wilayah Papua untuk ikut memburu kelompok terorisme itu.

“Ada beberapa kelompok menganggu rasa aman dan damai masyarakat Papua. Kelompok-kelompok ini sudah teridentifikasi oleh aparat keamanan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Kepolisian Negara Republik Indonesia Jakarta Selatan, Senin (3/5/2021).

Dengan teridentifikasinya kelompok tersebut, maka mereka-mereka yang dipastikan dalam kategori itu akan masuk dalam target penindakan sebagai kelompok teroris. Hasil pemetaan Polda Papua ada enam kelompok KKB di wilayah Kabupaten Puncak, Intan Jaya dan Nduga.

Para pimpinan KKB yang aktif di wilayah pegunungan Papua itu sudah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang kepolisian seperti Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, dan Egianus Kogoya. “Ke depan melihat, ketika mereka diberikan label terorisme. Dikenakan Undang-undang pemberantasan terorisme,” katanya.[Tak]

Pos terkait