Portugal Akhiri Lockdown Covid-19

  • Whatsapp
Portugal Akhiri Lockdown Covid-19
Pembukaan Lockdown Covid-19 di Portugal. [Foto- Reuters/Pedro Nunes]

Lisbon, Monitorindonesia.com – Mata Pedro Costa tampak berbinar karena mulai Senin(05/04/2021) Portugal akan memasuki fase kedua penghapusan masa lockdown Covid-19 sehingga dia bisa membuka kembali kios kopi kecilnya di pusat kota Lisbon.

“Lockdown ini sangat memilukan tetapi positifnya sekarang kita bisa membuka kembali kios nha,” tutur lelaki 30 tahun tersebut. “Ini adalah hari terbaik untuk memulai lagi. Sudah saatnya bergerak maju dan saya berharap kita tidak perlu mundur lagi,” tambah Mata Pedro.

Portugal memberlakukan lockdown sejak Januari 2021 untuk mengatasi lonjakan terburuk kasus Covid-19 di dunia, penyesuaian aturan pembatasan perlahan sudah dilonggarkan sejak 15 Maret 2021, saat itu salon, toko buku dan sekolah sudah dibuka kembali untuk orang-orang muda.

Pada Senin(05/04/2021) Kafe dan rumah makan, museum, pasar non komoditi makanan, pameran, toko kecil, sekolah menega dan tempat gym sudah diizinkan untuk beroperasi.
Di Gym Lisbon’s Lemonfit, Koordinator, Silvua,33 tahun tampak bahagia membantu para pelanggannya mengembalikan bentuk tubuh mereka setelah lockdown lebih dari dua bulan.

“Dampak dari Covid-19 terhadap beberapa tempat Gym sangat paeah,” Silvia menuturkan sembari menyambut anggota pertama yang kembali untuk berlatih “Kami masih menilai tetapi bisa dipastikan itu sangat merugikan tidak hanya terhadap keuangan tetapi juga fisik dan jiwa,” tambahnya.

Penggemar Gym, Iolanda biasanya berlatih do Lemonfit Gym lima kali seminggu sangat setuju dengan hal itu.  “Itu merupakan rutinitas saya, tiba-tiba saya harus berhenti dan berdiam di rumah jadi ini tidak mudah bagi saya.” tuturnya.

Portugal mencatat jumlah yang menderita Covid-19 di Portugal tercatat 823,355 kasus dengan tingkat kematian sejumlah 16,879 tetapi rata-rata peningkatannya telah menurun.

Jika situasinya tetap berlanjut semakin baik, bioskop, mall, rumah makan dalam gedung dan bisnis golongan non esensial akan dibuka kembali di dalm dua minggu kedepan.

Para orang tua senang melihat anak-anak mereka kembali ke sekolah. “Cukup lega karena belajar online tidak mudah bagi anak-anak,” kata Vania Azevedo seorang orang tua berusia 35 tahun sambil berdiri di luar sekolah kedua anaknya, Lisbon School. “Itu cukup berat ditanggung anak-anak.” tambahnya.[Yohana RJ]

 

Sumber : Reuters

Pos terkait