Pos TNI AL Pemangkat Bantu Evakuasi Kapal Feri KMP Bili Terbalik Di Kalbar

  • Whatsapp
Pos TNI AL Pemangkat Bantu Evakuasi Kapal Feri KMP Bili Terbalik Di Kalbar
Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili yang terbalik di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Sabtu (20/2/2021). Proses evakuasi dibantu oleh Tim gabungan SAR bersama Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posmat) Pemangkat Lantamal XI Pontianak [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posmat) Pemangkat Lantamal XI Pontianak beserta Tim Gabungan SAR dan masyarakat melakukan proses evakuasi terhadap penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili yang terbalik di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Sabtu (20/2/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Sebuah kapal feri penyeberangan KMP Bili mengalami kecelakaan, kapal tersebut terguling di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Sambas,” ujar Komandan Posmat Peltu Bah Kurniawan Aryo.

Menurut informasi pada pukul 13.30 WIB KMP. Bili berlayar dari dermaga Tebas Kuala Kecamatan Tebas menuju Dermaga Perigi Piai Kecamatan Tekarang Kabupaten Sambas. Dalam perjalanan Angin Kuat bertiup sehingga diduga menyebabkan air masuk kedalam Ferry.

Pukul 14.00 WIB very KM. BILI yang datang dan tiba bersandar di dermaga perigi piai dan sudah ikat tali tambat kemudian kendaraan roda empat sebayak tiga unit yang sudah naik ke daratan. Sementara kendaraan lain masih didalam kapal menunggu giliran untuk keluar kapal. Selang beberapa saat KMP BILI Mengalami miring sebelah kanan dan air masuk kedalam Ferry secara cepat.

Posmat TNI AL Pemangkat yang menerima informasi segera melaporkan kejadian tersebut ke Lantamal XI Pontianak dan berkoordinasi dengan Satpolair Polres Sambas serta langsung bersama-sama menuju tempat kejadian untuk melakukan SAR dan evakuasi yang dibantu masyarakat yang berada di sekitar dermaga.

“Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi cukup cepat. Saat ini Kegiatan Tim SAR untuk sementara dihentikan karena setelah melakukan pendataan dinyatakan tidak ada lagi korban yang disinyalir terjebak didalam Ferry,” tambah Bah Kurniawan Aryo.

“Rencana SAR akan di lanjutkan pada esok hari. Tim SAR yang terdiri dari Polres Sambas, Koramil Tebas serta Posmat Pemangkat dan Pos Sar Sintete dengan menyiagakan peralatan rigid inflatable boat, dilengkapi dengan peralatan medis, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, peralatan evakuasi, peralatan selam dan alat pelindung diri Covid-19” tandas Bah Kurniawan Aryo.

Pos terkait