Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sulawesi Utara dan Gubernur Kalimantan Utara

  • Whatsapp
Presiden Jokowi Lantik Gubernur Sulawesi Utara dan Gubernur Kalimantan Utara
Pelantikan Gubernur Sulut dan Gubernur Kaltara [Foto : live streaming TVRI)

Jakarta, Monitorindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang, untuk periode 2021–2024.

Presiden Jokowi melantik dua Gubernur di Istana Negara, pada hari Senin (15/2/2021). Dua Gubernur ini dilantik pertama kali dari hasil pilkada serentak 2020 lalu.

“Benar ada pelantikan Gubernur Sulut dan Kaltara,” ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut terpilih yaitu Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Pasangan pertama ini ditetapkan KPUD sebagai pemenang pilkada Sulut tahun 2020 dengan suara terbanyak 821.503 suara.

Sementara, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kaltara adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU setelah meraih suara terbanyak 45.778 suara.

Kedua provinsi ini yakni Sulawesi Utara dan kalimantan Utara tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, dua kepala daerah terpilih dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi d Istana Negara.

Adapun pemungutan suara pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah pandemi Covid – 19. Pilkada digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 kota.

Sembilan provinsi yang menggelar Pilgub pada 2020 lalu selain Sulut dan Kaltara, provinsi yang menggelar pilgub dan wagub adalah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimntan Tengah, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.(Tng)

Pos terkait