Presiden Jokowi Pastikan Tak Ada Impor Beras hingga Juni 2021

  • Whatsapp
Presiden Jokowi Pastikan Tak Ada Impor Beras hingga Juni 2021
Presiden Joko Widodo.[Foto Sekretariat Negara]

Monitorindonesia.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan melakukan impor beras hingga Juni 2021. Kebijakan itu dikeluarkan Jokowi karena tak ingin harga gabah di tingkat petani semakin merosot.

Hal itu dikatakan Jokowi dalam siaran video pers Sekretariat Negara yang dikutip, Jumat (26/3/2021). Jokowi menilai, harga beras milik petani di pasaran saat ini masih di bawah standar.

Bacaan Lainnya

Padahal musim panen raya tak lama lagi akan segera datang. Atas dasar itu, Jokowi meminta segala polemik soal rencana impor beras dihentikan, agar tidak membuat harga beras dan gabah di tingkat petani semakin terpuruk.

“Oleh sebab itu saya minta segera hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras. Ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” tegas Jokowi.

Di samping itu, dia juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk segera menyiapkan anggaran untuk Perum Bulog agar bisa menyerap gabah petani.

“Saya pastikan beras petani akan diserap oleh Bulog, dan saya akan segera memerintahkan Menteri Keuangan untuk membantu terkait anggarannya,” ujar Jokowi

Presiden Joko Widodo mengakui bahwa terdapat nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara pemerintah Indonesia dan Thailand serta Vietnam terkait pengadaan beras. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok di tengah situasi pandemi yang tak menentu.

“Saya tegaskan memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam. Itu hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian,” kata Jokowi.[man]

Pos terkait