Presiden Nepal Bubarkan Parlemen, Pemilu Digelar November

  • Whatsapp
Presiden Nepal Bubarkan Parlemen, Pemilu Digelar November

Nepal, Monitorindonesia.com – Presiden Nepal membubarkan Parlemen dan mengumumkan pemilihan umum untuk anggota parlemen yang baru setelah perdana menteri yang memimpin denga suara pemerintahan minoritas dan tidak mungkin untuk mengumpulkan suara dewan merekomendasikan gerakan tersebut, Sabtu (22/05/2021).

Sebuah pemberitahuan yang dikeluarkan oleh kantor presiden Bidya Devo Bhandari merencanakan pemilihan umum pada tanggal 12 dan 19 November 2021.

Bacaan Lainnya

Nepal telah menghadapi permasalahan krisis politik pada waktu yang bersamaan mereka juga berjuang menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dan mencatat jumlah kasus positif infeksi dan kematian Covid-19 harian di tengah kekurangan ranjang di rumah sakit, obat-obatan dan oksigen.

Tahun lalu Perdana Menteri Khadga Prasad Oli membubarkan Parlemennya sendiri karena perseteruan dalam partai yang dipimpinnya Nepal Communist Party.
Padahal beberapa petisi telah dikumpulkan pada saat persidangan besar dan para hakim meminta Parlemen untuk menjabat kembali

Keputusan terakhir sepertinya untuk ditantang di peradilan setelah salah satu golongan dari partainya menolaj untuk mendukungnya. Dia kembali terpilih untuk memimpin pemerintahan dengan suara minoritas tetapi membutuhkan dukungan setengah dari para perancang undang-undang dalam satu bulan kemudian. Semntara kenyataannya tidak mungkin Oli bisa mengumpulkan suara terbanyak.

Dia menjadi perdana menterj setelah partainya Nepal Communist Party memenangkan dua pertiga kursi parlemen pada pemilihan 2017. Kekuatan tersebut menunjukkan harapan untuk pemerintahan yang stabil dan bertahan lama tetapi perpecahan dalam partainya awal tahun ini membuat banyak perbedaan pendapat atas kepemimpinannya di partai.

Perdana Menteri Oli telah mengkritisasi karena terlalu fokus akan pertikaian di partainya daripada masalah pandemi.[Yohana RJ]

 

Sumber : VOA

#Presiden Nepal
#Presiden Nepal Bubarkan Parlemen

Pos terkait