Pemerintah Harus Proaktif Mencegah Lonjakan Kasus Covid-19

  • Whatsapp
Pemerintah Harus Proaktif Mencegah Lonjakan Kasus Covid-19
Bamsoet

Monitorindonesia.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti adanya temuan hasil tes acak dalam Operasi Ketupat 2021 bahwa ada 4.124 pemudik terkonfirmasi positif Covid-19. Oleh karena itu, Bamsoet meminta pemerintah dan seluruh pihak agar menjadikan temuan tersebut sebagai peringatan tentang risiko penularan yang masih tinggi serta potensi lonjakan kasus aktif Covid-19 pasca libur lebaran.

Dia menilai pemerintah perlu bergerak cepat dalam mencegah lonjakan kasus aktif Covid-19 yang terjadi dengan melakukan beberapa upaya. Upaya tersebut antara lain membuat pedoman rekayasa dan kesiapan layanan kesehatan jika terjadi lonjakan kasus.

Bacaan Lainnya

“Dan melakukan koordinasi antar Satgas Penanganan Covid-19 mulai dari tingkat nasional sampai tingkat kelurahan/desa serta menerapkan pembatasan mobilitas secara ketat,” kataBamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Bamsoet meminta pemerintah, khususnya pemerintah daerah lebih menggencarkan pengetesan dan penerapan isolasi mandiri untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di daerah. Langkah itu menurut dia karena diketahui banyaknya masyarakat yang nekat melakukan perjalanan mudik ke sejumlah daerah.

Pemerintah daerah juga perlu berkordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 daerah untuk memastikan pemudik yang teridentifikasi positif. “Pemeriksaan acak diawasi secara ketat ketika melakukan isolasi mandiri apabila harus kembali ke daerah asal maupun ke daerah tujuan mudik,” katanya.[man]

 

Pos terkait