Profil Kapten Timnas Pemenang EURO 1960-2016

  • Whatsapp
Profil Kapten Timnas Pemenang EURO 1960-2016

Monitorindonesia.com – Seorang kapten sepakbola memiliki peran yang sangat penting dalam timnya, selain sebagai ‘leader’ di lapangan dalam menjalankan instruksi permainan, kapten juga bertugas untuk memastikan semangat juang dan emosi rekan setimnya tetap terjaga dengan baik.

Selama gelaran Piala Eropa (EURO) dari tahun 1960 – 2016, sudah ada 14 orang kapten tim yang berhasil mengangkat trofi. Mereka berhasil memimpin timnya menuju yang terbaik di Eropa. Catatan spesial diberikan kepada Iker Casillas, dimana hanya dia yang berhasil mengangkat trofi EURO dalam dua kesempatan, yakni di tahun 2008 dan 2012.

Berikut Monitorindonesia.com rangkum profil para ‘leader’ yang menjuarai setiap gelaran EURO.

Piala Eropa 1960-Prancis

  • Juara : Uni Soviet
  • Kapten : Igor Netto

https://www.stopandgoal.net
Igor Netto merupakan pemain dari Spartak Moskow yang mempersembahkan 5 gelar Liga Uni Soviet dan 3 gelar Piala Rusia bagi klub tersebut. Sebelum meraih kesuksesan di Piala Eropa edisi pertama ini bersama Uni Soviet, dia juga berhasil memimpin negaranya sukses di Olimpiade Melbourne 1956.

Dia merupakan pemimpin yang inspirasional di lapangan, seorang gelandang yang serba bisa dan penuh dengan sportifitas.

Piala Eropa 1964-Spanyol

  • Juara : Spanyol
  • Kapten : Ferran Olivella

https://www.pinterest.co.uk
Ferran Olivella hanya memiliki penampilan sebanyak 18 kali membela Spanyol, namun meski sedikit penampilan, diaberhasil membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa untuk pertama kalinya.Olivella bermain di posisi bertahan dan gelandang, selama karirnya dia menghabiskan karirnya bermain di Barcelona dan pensiun disana.

Penamilan pertamanya membela Spanyol pada tahun 1957 melawan Belgia, dengan kemenangan 5 – 0, sementara pertandingan terkahirnya melawan Inggris dengan kekalahan 0 – 2 pada Desember 1965.

Pos terkait