Punya Tugas Berat, ASN di Sekretariat DPRD Wajib Mengupgrade Diri

  • Whatsapp
Punya Tugas Berat, ASN di Sekretariat DPRD Wajib Mengupgrade Diri

Jakarta, Monitorindonesia.com – Sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa Sekretariat DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota merupakan perangkat daerah yang melaksanakan unsur pelayanan administrasi dan pemberian dukungan terhadap kelancaran tugas Pimpinan serta Anggota DPRD.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri Teguh Setyabudi yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri Rochayati Basra, bahwa lancarnya kerja-kerja anggota legislatif sangat bergantung pada kerja keras Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat DPRD.

Bacaan Lainnya

“Karenanya ASN yang bertugas di Sekretariat DPRD harus senantiasa mengupgrade kemampuan diri agar bisa mengikuti irama kerja pimpinan dan anggota DPRD,” jelas Rochayati saat membuka Diklat Manajemen Reses Bagi Pejabat Strategis di Lingkungan Sekretariat DPRD, di Jakarta (20/4/21)

Lebih lanjut Rochayati menjelaskan bahwa ASN di lingkungan Sekretariat DPRD secara teknis operasional bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggungjawab kepada kepala daerah melalui sekretaris daerah.

“Lingkup kerjanya tidak main-main. Mulai dari penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD, administrasi keuangan, penyelenggaraan rapat, hingga pengoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD,” lanjut Rochayati.

Untuk itulah kompetensi yang diperlukan juga luas, tidak hanya terkait bidang administrasi, koordinasi, dan pendampingan. Tetapi juga bagaimana ASN dapat memahami laporan dan tindak lanjut dari aspirasi rakyat.

“Salah satu upaya meningkatkan kompetensi ASN di lingkungan Sekretariat DPRD adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan manajemen reses ini,” pungkasnya.[man]

Pos terkait