Ngeri....,Wantipres Borong Pakaian Dinas per Setel Rp1,1 Juta, Wapres Beli Pendingin Ruangan Rp 443 Juta

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 16 Mei 2024 18:29 WIB
Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) (Foto: Istimewa)
Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) (Foto: Istimewa)

JANGAN kaget ya..,ternyata orang-orang atau pegawai di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) sangat banyak juga. Tidak main-main, kemungkinan ada 100 orang yang bekerja di kantor Wantipres.

Hal ini bisa dilihat dari pengadaan kantor Wantipres yang memborong pakaian dinas untuk 100 orang. Dan pengadaan ini bukan sekali borong, tetapi sampai dilakukan dua kali pengadaan pada bulan dan tahun yang Sama, yaitu di bulan September 2023.

Pengadaan gelombang pertama, dengan realisasi anggaran sebesar Rp112.730.000 memborong pakaian dinas untuk 100 orang. Sedangkan pengadaan gelombang kedua, Wantipres merealisasi anggaran sebesar Rp 55.880.000 memborong pakaian dinas untuk 100 orang lagi.

Sedangkan untuk harga satuan per setel untuk gelombang pertama sekitar Rp1.127.300 untuk satu orang. Sedangkan pembelian pakaian dinas per setel pada gelombang kedua sekitar Rp 558.800. 

Dan harga per setel untuk gelombang kedua ini tumben bisa lebih murah bila dibandingkan dengan harga pada gelombang pertama. Apakah harga gelombang kedua ini lebih murah dan dapat diskon. Atau pada harga gelombang pertama lebih marah, dan adakah mark up-nya?

Tetapi yang jelas, baik gelombang pertama atau kedua, harga per setel pakaian dinas Wantipres ini sudah sangat mahal bagi orang miskin. Karena harga sepotong pakaian dengan nilai Rp 100 ribu saja sudah sangat cantik, bagus dan bangga bagi orang miskin. 

Kalau harga pakaian dinas sudah sampai sebesar Rp1,1 juta atau Rp 558.800 yang alokasinya diambil dari anggaran negara, ini seperti sangat menyayat-nyayat hati orang miskin. Dan hati para orang miskin juga jadi pedih melihat gaya pakaian para pejabat yang mewah dan mahal tersebut.

Dan kedepan, kemungkinan alokasi anggaran negara akan cepat "kering", habis dihisap oleh banyaknya kegiatan para mantan pejabat seperti diatas. Habis oleh remeh-temeh kegiatan yang tidak ada manfaatnya buat rakyat.

Maka untuk itu, kami dari Center For Budget Analisis (CBA) hanya meminta kepada orang-orang atau pegawai Wantipres yang sudah dapat pakaian dinas untuk  berkunjung ke Istana atau kediaman wakil presiden, untuk sekedar "ngadem" dan menikmati sejuknya pendingin ruangan yang baru dibeli sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara.

Dan tidak tanggung-tanggung harga pendingin ruangan di Istana dan kediaman wakil presiden ini sangat besar dan mahal sampai sebesar Rp 443.720.000. Tetapi dengan harga mahal, membuat ruang bisa menjadi begitu dingin.

Makanya, diminta kepada KPK atau.kejaksaan Agung jangan coba coba untuk melakukan penyelidikan atas pengadaan baju dinas Wantipres atau ruang pendingin Wapres ini. Bisa bisa tubuh kalian  jadi membekuk seperti batu es.

Uchok Sky Duga Wacana Pembentukan Koalisi Besar untuk Jegal dan Isolasi PDIP 

[Direktur Center For Budget Analisis (CBA), Uchok Sky Khadafi]