Rakyat Saham Terbesar Kemenangan Pemilu

  • Whatsapp
Rakyat Saham Terbesar Kemenangan Pemilu
Arman Salam. [ist]

Monitorindonesia.com – Syarat administratif terkait dukungan partai bagi calon yang akan bertarung dalam perhelatan pemilu baik pilpres maupun pilkada membuat galau calon kontestan.

Calon presiden yang bertengger dipapan atas dari hasil survei misalnya para bang jago (Ganjar, Anies dan Ridwan Kamil) harus mau menelan pil pahit karena sentimen partai yang kini mulai terasa negatif. Misalnya tidak diundangnya Ganjar dalam acara resmi partai PDIP adalah indikasi bagi Ganjar harus ekstra bermanuver mencari partai atau perahu lain di samping terus melakukan pendekatan intens kepada pemilik partai yakni Megawati Soekarno Putri.

“Meski dalam banyak perhelatan kita tahu partai hanyalah kendaraan saja dan tidak banyak memberikan kontribusi atas kemenangan karena pada hakekatnya figurlah sebagai penentu utamanya,” ujar Direktur Indonesia Presidential Studies Arman Salam kepada Monitorindonesia.com, Senin (24/5/2021).

Disatu sisi, kata Arman, kepentingan politik partai terkadang tidak sejalan dengan sang pengantin sehingga tarik- menarik dan negosiasi berjalan alot.

Arman mengungkapkan, banyak calon-calon potensial dalam aneka perhelatan pilpres maupun pilkada harus kandas ditengah jalan karena tak dapat perahu, mulai dari kekurangan amunisi saat transaksi negosiasi untuk membeli perahu sampai dikepung lawan dengan menyikat habis perahu yang ada.

Hal ini mungkin biasa dalam politik yang syarat akan kepentingan namun tidak memberikan pembelajaran politik yang cerdas untuk anak cucu kedepan. Bahkan bakal melahirkan pemimpin yang tidak berkualitas sebagai pelayan masyarakat.

Menurutnya, politik transaksional mulai dari perebutan perahu sampai pada tahapan pemilihan ditengah masyarakat adalah ciri dari negara yang baru belajar demokrasi dan kental dengan pola prilaku pemilih yang tradisional dan irasional

Dia berharap seiring dengan kemajuan zaman dan arus informasi yang dinamis dalam era digital pola lama seperti ini bisa berangsur hilang. Sehingga pemilu bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas membawa bangsa pada kejayaan yang kuat dan hebat dikancah internasional.

Memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat adalah dambaan semua rakyat kepada pemerintahnya. Peran partai sebagai pilar demokrasi sangat penting untuk mewujudkan impian tersebut dengan memberikan pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat.

“Bulat lonjongnya pemimpin suatu bangsa tergantung bagaimana partai bisa menyajikan calon-calon unggul untuk dikontestasikan. Publik akan semakin cerdas ganjaran politik dari masyarakat semakin nyata disini dituntut kejelian partai menarik simpati yang ujungnya benefid politik dari masyarakat bagi partai yang cerdas,” katanya.[Mar]

#Rakyat
#Rakyat Saham Terbesar
#Rakyat Saham Terbesar Kemenangan Pemilu

Pos terkait