Relawan Jokowi: Reshuffle Jembatan Konsolidasi Kekuatan Politik Nasional

  • Whatsapp
Relawan Jokowi: Reshuffle Jembatan Konsolidasi Kekuatan Politik Nasional
Imanta Ginting.[Ist]

Jakarta, Monitorindonesia.com – Sekretaris Jenderal Jokowi Centre, Imanta Ginting menilai keputusan Presiden untuk melakukan pergantian Menteri harus dihormati karena pergantian merupakan hak prerogatif Presiden atau sebagai kewenangan penuh kepala negara dan tentu saja bertujuan untuk kebaikan bangsa Indonesia.

“Presiden tentunya sudah memikirkan dengan matang bila nantinya ada pergantian pemain karena pada prinsipnya Presiden mengetahui profil seperti apa yang dibutuhkan untuk minimal satu tahun ke depan,” kata Imanta, Selasa (20/4/2021).

Bacaan Lainnya

Imanta menyebut bahwa pemilihan Menteri sejak awal sudah diatur dalam kerangka strategis pencapaian visi dan misi Presiden yang telah dituangkan dalam prioritas nasional yang diatur dalam RPJMN maupun kebutuhan khusus lainnya dalam penanganan pandemi Covid-19. Bila target dan strategi tercapai serta dirasakan butuh profil baru, maka bisa saja dilakukan “pergantian pemain” bila diumpamakan dalam sepakbola sehingga reshuffle merupakan strategi kerja dan kebutuhan figurnya.

“Kita tidak mau berandai-andai, karena sejak awal para Menteri sudah diberi target dan tugas prioritas oleh Presiden jadi semua tetap dalam kerangka strategi Presiden,” jelas Imanta.

Dia juga mengatakan terkait siapa-siapa saja Calon Menteri baru tersebut, mungkin dari partai Pendukung, Relawan dan Profesional. Menurutnya, pergantian Menteri adalah hal yang lumrah dilakukan oleh Presiden. Keputusan ini juga harus mampu menjadi jembatan konsolidasi kekuatan Politik Nasional sehingga Pemerintah dapat bekerja secara progresif.

“Ini mengingat kalau situasi ekonomi nasional masih redup akibat pandemi. Tentu saja Presiden harus cermat mengelola dan menyesuaikan situasi ini termasuk salah satu pilihannya melalui reshuffle di kabinet,” tandasnya.[ben]

Pos terkait